ORI17 Terbit, Apa Sih Bedanya ORI sama Instrumen Surat Berharga Negara (SBN) Lainnya?

Bonds Illustration - Canva

Bonds Illustration - Canva

Like

Wuih hari ini pemerintah resmi menerbitkan ORI017 nih, Be-emers! Obligasi negara ritel (ORI) seri 017 ini bisa kamu beli secara online melalui e-SBN.

Dijamin oleh negara, instrumen ini bisa jadi alternatif investasi kamu lho. Berinvestasi di Surat Berharga Negara (SBN) dinilai punya sejumlah keunggulan kayak harganya yang lebih terjangkau, berisiko rendah, pencairannya bisa lebih awal, dan kupon bunganya selalu lebih besar dari deposito.

Sama-sama sebagai instrumen SBN, apa sih bedanya ORI dengan Surat Berharga Ritel (SBR), Sukuk Tabungan (ST), dan Sukuk Ritel (SR)?

Baca juga: Mau Beli ORI017? Ini Rincian & Penjelasan Lengkapnya
 

Perbedaan Obligasi Negara Ritel (ORI) dengan SBR dan Sukuk

Pertama kali terbit tahun 2006, dilansir dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), obligasi negara ritel (ORI) merupakan salah satu jenis SBN yang diterbitkan tanpa warkat di pasar perdana domestik. Lebih lanjut, ORI dapat diperdagangkan di pasar sekunder.

Dengan kata lain, ORI memiliki potensi capital gain atau keuntungan modal. Capital gain sendiri  merupakan keuntungan yang bisa kita dapatkan saat penjualan investasi kita punya harga jual yang lebih tinggi dari harga belinya.


Berbanding terbalik nih, Saving Bond Ritel (SBR) justru enggak bisa diperdagangkan di pasar sekunder. Begitu juga dengan Sukuk Tabungan (ST). Namun, ST tetap bisa ditarik sewaktu-waktu karena ada fasilitas pencairan sebelum jatuh tempo alias early redemption.

Sebenarnya sih, perdagangan ORI di bursa itu sama aja kayak jual-beli saham pada umumnya. Namun, ORI pakai istilah khusus kayak “unit” dan “persen”.

Adapun, setiap kupon ORI yang diterbitkan itu bersifat tetap hingga jatuh tempo (fixed rate). Begitu juga dengan ST. Surat berharga berprinsip syariah ini yang punya imbal hasil tetap setiap bulannya (fixed coupon). Hal ini berbeda dengan SBR yang tingkat bunganya mengambang dengan batasan minimal atau dikenal juga dengan istilah floating with floor.
 

Keunggulan lain dari ORI


Sebagai SBN tertua di Indonesia, ORI punya sejumlah keunggulan lainnya nih. Selain terjamin oleh undang-undang dan sudah pasti lebih aman, ORI juga dapat dipinjamkan atau dijaminkan ke pihak lain.

Selain itu, ORI menyediakan kotasi harga beli dari agen penjual. Adapun, keuntungan dari ORi ini dinilai hampir sama dengan Sukuk Ritel (SR).

Enggak cuma itu, dengan membeli ORI, kamu juga bisa ikut mendukung pembiayaan nasional lho. Selain itu menurut DJJPR Kemenkeu Deni Ridwan, dilansir dari Bisnis.com, berinvestasi di instrumen ORI lebih sesuai dengan kondisi pandemi kayak sekarang ini.

Baca juga: Bingung Mau Investasi Apa di Tengah Pandemi Covid-19? ORI017 Bisa Jadi Pilihan