BZ-Line (Bazaar Online) Berbasis Penelitian, Produk Olahan Mahasiswa Biologi. Berwirausaha Itu Gampang!

Berbagai macam logo produk di bazaar online (Sumber: Instagram wolvesbiologi17

Berbagai macam logo produk di bazaar online (Sumber: Instagram wolvesbiologi17

Like

Tepat bulan Mei tahun 2020 kemarin, mahasiswa prodi biologi UIN Malang menyelenggarakan bazaar online di instagram wolves biologi17. Tatanan logo produk di feed instagram yang menarik dan rapih serta desain logo dibuat simpel dengan ciri khas masing-masing produk untuk memudahkan pembeli dalam memilih. Bazaar tersebut mulai di rancang dari bulan Maret hingga hasilnya bazaar online bulan Mei 2020.

Terdapat berbagai macam produk olahan dari bahan biologi yang murni dibuat oleh mahasiswa sendiri untuk mengawali menjadi pengusaha muda di era 4.0, dikutip dari Berita.com (Andriani,2020) bahwa menjalankan usaha tidak harus menunggu seseorang telah mapan atau sudah memiliki modal besar. Bahkan saat masih berstatus pelajar atau mahasiswa pun seseorang bisa memulai usaha.Usia juga tak menjadi patokan kapan seseorang akan berhasil.

Keadaan apapun terutama dalam keadaan pandemi tidak membatasi mahasiswa dalam melakukan kreatifitas, yakni dalam kreatifitas usaha membuat produk biologi dengan inovasi baru. Meskipun dirumah saja, bisa menghasilkan produk –produk kreatif. Bahan- bahan biologi pun sudah tersedia di alam dan sekitar kita untuk  bisa diolah.

Masalah pemasaran atau penjualan dapat mengandalkan internet, salah satunya adalah media sosial instagram untuk kegiatan bazaar. Selain instagam, produk juga di pasarkan melalui youtube. Buat video yang simpel tapi detail saja mengenai produk tersebut, karena kebanyakan orang tidak suka hal yang bertele-tele.

Secara tidak langsung dapat dikatakan bahwa berwirausaha bebasis online harus mempunyai kemampuan dalam bidang teknologi misalnya dalam pembuatan video iklan menggunakan aplikasi dengan tampilan yang menarik. Zaman juga memaksa seseorang untuk lebih handal dalam memainkan alat teknologi, agar tidak “ketinggalan zaman”.


Adanya media sosial  sangat membantu dalam hal pemasaran produk karena dapat dijangkau hinga seluruh dunia, bahkan sebagian besar orang sudah mempunyai media sosial sendiri. Adanya hastag dan tagline juga sangat membantu agar produk lebih bisa dijangkau oleh semua orang.

Buat hastag dan tagline yang simpel atau sederhana tapi bekesan di telinga masyarakat, pastinya dengan menggunakan bahasa yang persuasif. Bebisnis online juga harus istiqomah atau rajin dalam memasakan (aploud) produknya agar dapat memancing orang untuk membeli. Foto-foto produk dibuat dengan sebaik dan semenarik mungkin, karena hal tersebut dapat menarik pembeli.

Sebagai pengusaha muda yang masih baru, mahasiswa biologi tahun angkatan 2017 mulai belajar cara-cara jitu dan menata strategi untuk merancang usaha yang dibuatnya, tidak asal memulai namun harus belajar strategi pemasaran dan inovasi pembuatan produk. Semuanya dapat diperoleh dari banyak pengusaha di lapangan yang telah sukses mendirikan usahanya.

Karena pengalaman dari pengusaha lain juga sangat penting, yakni menjadikan pengalaman sebagai guru dalam memulai usaha, dikutip dari Berita.com (Simamora,2020) bahwa kisah-kisah sukses berawal dari kegagalan-kegagalan. Maka pelajarilah kegagalan yang dilakukan orang lain dan jangan mengulangi hal tersebut.

Pastinya semua produk tersebut telah melewati tahap percobaan dan penelitian. Tahap tersebut harus dilakukan dalam berwirausaha. Memang, semua hal dalam menghasilkan suatu hasil yang baru harus melakukan percobaan dan penelitian, atau bisa dikatakan “coba-coba”.

Kegagalan itu pasti ada, dikutip dari Berita.com (Andriani,2020) dari kegagalan justru jiwa  entrepreneur dalam diri muncul. Sebab jatuh berkali-kali merupakan hal yang wajar dalam berbisnis. Produk-produk dalam bazaar merupakan dari bahan biologi, tujuannya ingin meningkatkan nilai ekonomi bahan baku biologi sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Pada tahap ini kreatifitas pengelolaan dinilai tinggi, karena harus menghasilkan produk yang baru dipasar dan berbeda dengan produk yang telah ada.

Modal dari usaha awal ini juga minim, karena sebagi mahasiswa belum mempunyai uang lebih dalam merintis usaha, jadi bahan yang dibuat harus sesederhana mungkin tapi dengan hasil yang kreatif dan sesuai kebutuhan publik, agar penjualannya juga dapat dijangkau oleh masyarakat luas.

Pokoknya cari bahan disekitarmu saja yang sederhana, cari ide kreatif kemudian oleh bahan tersebut. Hasil real nya bisa dilihat di instagram wolvesbiologi17, disitu banyak poduk dari olahan sampah/ barang bekas. Jangan salah, barang bekas disekitar mu bisa diolah jadi barang yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi loh. Misalnnya cangkang telur, bisa diolah dan disusun jadi suatu objek (wajah seseorang).

Siapa sangka pisang bisa dibuat tape, bonggol pisang yang aslinya banyak getahnya bisa dibuat kipik renyak dan gurih, kopi bahan alam yang sehat tanpa kafein, olahan batik sel syaraf yang disusun dengan tujuan edukasi, sabun alami dari ekstrak tumbuhan tanpa bahan kimia dan ada juga “edible tools” yaitu produk ramah lingkungan contohnya sendok yang bisa dimakan karena dari bahan alam yang layak makan.

Masih banyak lagi produk yang menarik dari olahan bahan biologi silahkan di lihat di instagram wolvesbiologi17 terdapat 59 produk kreatif yang bisa jadi reverensi kalian untuk memulai usaha.  Bagaimana ? sudah yakin kan kalau memulai usaha itu dari bahan sederhana tinggal dibumbui kretifitas mu bakal menghasilkan produk yang menarik dan layak jual.

Tunggu apalagi berwirausaha itu tidak memandang umur dan modal yang besar, kuncinya punya niat, semangat, sabar dan istiqomah dijamin usaha nya lancar & sukses, hehehe. Terimakasih.