Yuk Mengenal Lebih Dekat Definisi Voice Over Beserta Tugas yang Diembannya

Voice over adalah (Sumber: Pixabay.com)

Voice over adalah (Sumber: Pixabay.com)

Like

Kamu pastinya sering mendengar suara latar tatkala menonton sebuah film maupun drama. Adanya suara latar tersebut, mampu membuat suasana film menjadi lebih hidup. Tanpa adanya suara latar, maka sebuah film tidak akan bisa menyampaikan pesan ke penonton.

Cara buat podcast bisa kamu lakukan di Spotify. Platform bagi para content creator yang ingin memfokuskan diri mereka lebih lagi untuk berkarir dalam bidang suara dan informasi. Marketing tren di tahun 2021 menyatakan bahwa voice search ternyata akan menjadi trend ke depan. Untuk itu tidak ada salahnya bukan berfokus disana?

Namun apakah kamu tahu, ternyata voice over adalah suara latar yang tak hanya digunakan pada film semata. Suara latar pun seringkali diterapkan pada radio, acara televisi, dan masih banyak lagi lainnya. Penasaran apa definisi sebenarnya dari voice over dan tugas dari artisnya? Simak ulasannya.


Definisi dari Voice over


Istilah voice over di Indonesia kerap kali dikenal dengan sebutan sulih suara, yang merupakan teknik produksi dimana suara (bukan bagian dalam narasi) digunakan pada film, radio, televisi, atau yang lainnya. Lazimnya, suara latar ini dilakukan oleh seseorang yang profesional ataupun orang awam.

Tak hanya untuk film saja, terkadang suara latar dimanfaatkan untuk animasi anak anak ataupun dewasa hingga iklan. Selain untuk mengisi suara pada setiap peran di dalam sebuah film, suara latar pun memiliki fungsi guna memperkuat karakter tokohnya.


Tak ayal jika kehadiran voice over adalah suara latar yang tak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya harus memilih tipe suara aktor atau talent voice over yang sesuai dan berpengaruh pada tokoh tersebut. Uniknya lagi, suara latar juga kerap kali diterapkan dalam dunia jurnalistik.

Misalnya saja dalam sebuah berita di televisi yang sedang menampilkan video sebuah kejadian lalu akan disertai oleh suara reporter guna menjelaskan tentang kejadian tersebut. Berkat adanya suara reporter inilah, berita mengenai kejadian bisa disampaikan menjadi lebih jelas.

Tidak sedikit pula bidang periklanan memanfaatkan voice over guna mempromosikan barang ataupun jasanya. Perlu kamu ketahui, jika suara latar pada iklan ini pertama kali diterapkan pada radio kemudian disusul oleh televisi. Dulunya iklan hanya diiringi oleh suara orkestra semata.

Namun seiring berjalannya waktu, voice over adalah teknik yang kini banyak sekali dimanfaatkan oleh bidang periklanan. Bahkan suara latar pun seringkali digunakan untuk berbagai bidang lainnya, seperti jasa terjemahan, perkantoran, video instruksional, dan lain sebagainya.

Baca juga: Intip Cara Menghasilkan Uang dari Siaran Podcast


Tugas dari Voice over Artist

Usai mengetahui arti dari voice over, selanjutnya ialah tugas dari artist atau pelaku dari suara latar ini. Tugas pertama yang diemban oleh voice over artist yakni membacakan sebuah naskah yang kemudian direkam. Isi rekaman tersebut ditujukan guna memberi informasi tambahan kepada penonton atau pendengar.

Bukan hanya sekedar membaca naskah semata, seorang pelaku dari suara latar pula harus bisa menyampaikan pesan yang tertera pada naskah tersebut. Misalnya saja, narasi suara latar untuk pengumuman layanan publik perlu meninggalkan kesan emosional kepada para audiensnya.

Bahkan voice over artist pun harus bisa menyusun suaranya sesuai dengan naskah yang dibacakan. Biasanya suara unik di pekerjaan komersial dapat membantu branding produk atau layanan yang diiklankan. Sementara untuk karya fiksi seperti film, hal ini digunakan untuk memperkuat jenis karakter.

Jika perlu, pelaku suara latar juga harus bisa membuat berbagai versi suara latar. Dalam hal ini, voice over artist diminta untuk membaca naskah dengan nada suara yang berbeda atau menekankan kata tertentu. Untuk itu, voice over adalah teknik yang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Meski terdengar mudah, namun untuk menjadi seorang voice over artist dibutuhkan usaha yang cukup keras. Lantaran kamu harus bisa menyesuaikan suara ataupun nada setiap kali membaca naskah yang diberikan berdasarkan pada bidang tertentu.

Baca juga: Yuk Mengenal Lebih Dekat Definisi Voice Over Beserta Tugas yang Diembannya