Sudah Tahu Apa Arti Podcast ? Yuk Intip Cara Membuat Podcast yang Menarik

Apa arti podcast (Sumber: Pixabay.com)

Apa arti podcast (Sumber: Pixabay.com)

Apakah kamu pernah mendengar dan tahu apa arti podcast ? Saat ini podcast sedang marak di kalangan masyarakat. Dan menjadi salah satu konten menarik yang begitu populer di mancanegara, seperti Australia, UK, Amerika, dan tanah air sendiri.

Dilansir dari Tamasia mengatakan bahwa ada beberapa cara untuk menjadi seorang podcaster. Ini adalah beberapa cara untuk menjadi podcaster yang baik yaitu: berbicara yang jelas dan mengalir, menyiapkan script yang unik dan menarik, dan mengenal kebutuhan audiens.

Podcast sendiri dapat dikatakan mirip dengan radio, namun memiliki perbedaan signifikan dengan radio itu sendiri. Melalui podcast, kamu bisa menambah ilmu pengetahuan sekaligus sharing dari berbagai pakar yang sesuai dengan bidangnya masing masing.


Pengertian Podcast

Podcast adalah sebuah rekaman diskusi audio yang membahas seputar topik tertentu, misalnya bisnis atau perjalanan. Biasanya siaran podcast banyak ditemukan di Spotify dan iTunes. Namun saat ini banyak siaran podcast yang juga berkembang menjadi konten YouTube.

Podcast menjadi sangat populer dan diminati karena bisa didengarkan saat bepergian, saat senggang, bahkan ketika bekerja. Karena kamu hanya perlu mendengarkan secara audio, tanpa harus melihat secara visual sesi podcast yang dilakukan tersebut.

Sesuai dengan apa arti podcast itu sendiri, dimana pendengar bisa memilih satu topik tertentu yang menarik hati dan sesuai selera. Berbeda dengan radio yang mau tidak mau, kamu harus mendengarkan semua informasi, berita, serta iklan yang sedang disiarkan.

Baca juga: Cara Buat Podcast di Spotify, Yuk Bangun Branding Kamu!


Jenis Jenis Podcast

Membangun branding lewat podcast memang sangat potensial saat ini. Dalam Marketing trend 2021 ke depan voice search akan mulai mendominasi dalam dunia search engine. Untuk itu tidak ada salahnya memulai dari sekarang, bukan? Pahami dahulu ya beda dari proses marketing dan branding.

Apabila kamu ingin memulai membuat podcast, maka pertama tama kamu harus mengenali serta memutuskan ingin membuat jenis podcast yang seperti apa. Jenis podcast sendiri umumnya dibagi menjadi 3 yaitu interview podcast, solo podcast, dan multi host podcast.

Interview podcast adalah bentuk podcast berisikan seorang host yang mewawancarai narasumber berbeda setiap episodenya. Salah satu contoh interview podcast yang populer di Indonesia yaitu konten podcast Deddy Corbuzier pada akun YouTubenya.

Lalu apa arti podcast solo atau solo podcast ? Podcast ini biasanya lebih bersifat monolog. Jadi isinya hanya satu orang yang sedang menyampaikan opini, melakukan tanya jawab, atau berbagi informasi di antara pembuat podcast serta para pendengarnya.

Sedangkan multi host podcast memiliki dua atau lebih host. Dan jenis podcast ini menawarkan sebuah diskusi dari pendapat serta perspektif yang berbeda beda. Jenis ini akan sangat cocok bagi kamu yang suka percakapan antar banyak orang, dan debat.


Tips Membuat Sebuah Podcast yang Menarik

Jika kamu sudah menentukan podcast jenis apa yang ingin dibuat, maka kamu juga harus mengetahui tips agar podcast tersebut menarik dan mampu menjaring banyak pendengar. Langkah pertama yaitu kamu harus membuat format yang khusus untuk podcast.

Misalnya kamu menggunakan format seperti intro, kemudian mengenalkan narasumber, lalu menanyakan kesibukan narasumber, dan lain sebagainya. Menentukan format bisa membuat podcast kamu lebih menarik, alih alih hanya menyalakan mic dan melakukan recording.

Selanjutnya kamu juga harus menguasai materi perihal niche yang diangkat. Jika kamu sudah menguasai materi podcast, kamu pun akan lebih mudah dalam mengembangkan konten podcast agar menjadi lebih menarik dengan memperluas obrolan dan lain sebagainya.

Lalu yang tidak kalah penting yaitu kamu harus mampu menggali informasi narasumber yang telah diundang. Sama halnya dengan penguasaan niche, menggali informasi narasumber juga bisa membuat kamu mampu memperluas obrolan di dalam podcast tersebut.

Meski menggunakan format di dalam sebuah podcast, kembali lagi pada apa arti podcast itu sendiri. Bahwa kamu melakukan podcast untuk istilahnya dikonsumsi oleh para pendengar, jadi kamu harus bersikap santai agar obrolan juga tidak terkesan kaku.

Apabila kamu benar benar berniat membuat podcast dan ingin sukses di dunia tersebut, maka kamu perlu telaten dalam menjalaninya. Banyak sekali topik menarik yang bisa kamu angkat dalam podcast tersebut, terus berlatih dan jangan patah semangat untuk membuat konten yang menarik.

Baca juga: Level Up Yourself: Personal Branding dan Cara Membangunnya dengan Media Sosial!