Seperti Apa Persiapan Manajer Investasi untuk Prospek Reksa Dana di 2021?

Finance Preparation - Canva

Finance Preparation - Canva

Like

Tahun 2021 semakin dekat. Para pelaku pasar pun mulai bersiap diri untuk mempersiapkan sejumlah strategi buat meraup cuan di tahun yang baru nih.

Begitu juga yang dilakukan sama sejumlah manajer investasi, Be-emers. Bahkan, diketahui, kalangan manajer investasi cukup optimis buat pasang target di tahun 2021 mendatang lho!

Seperti yang dikutip dari Bisnis, menurut Direktur Riset dan Kepala Investasi Alternatif Bahana TCW Investment Management Soni Wibowo, ada banyak katalis positif yang akan menyokong pemulihan pasar pada 2021 mendatang.

Katalis tersebut antara lain;
  • Implementasi omnibus law UU Cipta Kerja
  • Adanya pemerintahan baru di AS dengan Presiden Joe Biden
  • Penyelesaian penanganan pandemi Covid-19 seiring kehadiran vaksin.

Baca Juga: Reksa Dana Saham Dinilai Bisa Jadi Primadona di 2021
 

AUM dan Peluncuran Produk Baru

Sementara itu, seiring dengan optimisme terhadap pemulihan pasar, Soni mengatakan, Bahana TCW sendiri menargetkan dana kelolaan atau asset under management (AUM) akhir 2021 dapat tumbuh sekitar 15 persen dari posisi penutupan tahun ini.


Nah, ia menilai, pertumbuhan AUM akan disumbang, salah satunya dari peluncuran produk baru nih, Be-emers.

Meski begitu, hingga kini, pihaknya belum memutuskan akan merilis jenis produk apa untuk tahun depan.

Adapun, pihak Bahana TCW sendiri mengutamakan prinsip customer driver alih-alih product driver dalam merilis produk baru. Makanya, Bahana TCW yakin kalau bisa terlebih dahulu melihat iklim pasar dan membuat produk yang dibutuhkan nasabah. 

Terkait rencana produk baru, di sisi lain, Head of Intermediary & Institutional Business Eastspring Indonesia Abraham Ara mengatakan kalau pihaknya bakal fokus pada pengembangan produk berbasis environmental, social, and governance (ESG).

Soalnya, pihaknya melihat pentingnya peranan ESG dalam fondasi berinvestasi sehingga dapat mencapai sistem ekonomi dan finansial yang berkelanjutan.

Adapun, tahun ini, perkembangan pertumbuhan dana kelolaan Eastspring masih sesuai dengan target yang ditetapkan.

Baca Juga: Ini Alasan Investasi Reksa Dana Cocok untuk Kamu yang Punya Budget Pas-Pasan