Tertarik Bisnis Properti? Begini Cara Mulainya

Houses - Canva

Houses - Canva

Like

Ada yang punya cita-cita berbisnis properti?

Berbisnis properti memang menarik nih cuannya. Berfungsi sebagai tempat tinggal, bisnis properti juga bisa dijadikan investasi jangka panjang lho.

Di sisi lain, berbisnis properti tentunya juga punya sejumlah tantangan nih, Be-emers. Buat kamu yang mau memulai usaha di bidang properti, dikutip dari Bisnis, ini sejumlah cara yang bisa kamu lakukan.

Baca Juga: Kaum Milenial Mending Beli Rumah atau Mobil dulu ? Intip Pertimbangannya di Sini
 

Pilih Properti yang Tepat

Langkah pertama, kamu bisa pertimbangkan apakah ingin membeli lahan mentah, atau properti yang sudah mempunyai Development Approval (DA).

Hal itu bisa kamu lihat dari sejumlah faktor. Misalnya, lokasi, risiko, berapa lama akan diinvestasikan dalam proyek, keterampilan pengembangan, hingga pembiayaan properti tersebut.


Nah, kalau kamu memutuskan untuk beli properti yang sudah punya DA, pastinya bakal lebih mahal. Meski begitu, kamu bakal punya banyak waktu untuk pengembangan karena tidak mengurus DA lagi.
 

Kerja Sama dengan Pengembang

Selanjutnya, kamu pun harus bisa bekerja sama dengan pengembang yang punya kualitas terbaik nih, Be-emers.

Caranya, kamu bisa berbincang dengan beberapa pengembang untuk merencanakan atau untuk mengetahui tingkat kemampuan mereka mengatasi lahan milik kamu. Selain itu, kamu bisa melakukan diskusi langsung dengan pembangun tersebut untuk menyesuaikan antara kebutuhan proyek dengan kemampuan mereka.

Makanya, at least, pilih pengembang yang pengalamannya sekitar 10 tahun dengan kinerja yang konsisten.
 

Produk Mudah Dipasarkan

Perlu kamu ketahui, cuan cuma bisa kamu dapatkan kalau produk dari proyek properti kamu dibeli orang. Untuk itu, kamu perlu melakukan survei lapangan terlebih dahulu dan banyak belajar sebanyak mungkin terkait pasar yang diinginkan.

Misalnya, kamu bisa ketahui jenis properti yang menjual. Nah, dari situ kamu bisa mengetahui properti yang diminati serta informasi lainnya.

Terakhir, kamu bisa menarik perhatian konsumen dengan menonjolkan produk yang dijual. Tentunya hal ini bakal bikin produk kamu bisa bersaing dengan produk properti lainnya.

Baca Juga: Solusi Hunian Sehat, Intip Gaya Rumah ala Jepang Yuk!