Kaum Milenial Mending Beli Rumah atau Mobil dulu ? Intip Pertimbangannya di Sini

Mending beli rumah atau mobil (Sumber: Pixabay.com)

Mending beli rumah atau mobil (Sumber: Pixabay.com)

Sebagai kaum milenial, ketika ditanya mending beli rumah atau mobil terlebih dahulu, kamu pasti akan merasa bimbang. Sebab baik rumah maupun mobil memiliki kegunaannya masing masing yang saat ini sangat penting untuk kehidupan sehari hari.

Dilansir dari idntimes mengatakan bahwa ada beberapa kelebihan dari generasi milenial diantaranya adalah memiliki toleransi terhadap perbedaan,sikap optimis generasi milenial dapat membantu bangsa,dan tidak pernah ragu dalam berpendapat. 

Krisis dalam pandemi ini harusnya membuat para kaum milenial untuk menimbang lebih baik lagu mana prioritas dan bukan. Pergeseran trend dalam masyarakat saat ini sudah mulai mengarah ke konsep hidup minimalis yang lebih mempertimbangkan kualitas.

Rumah merupakan kebutuhan pokok untuk setiap orang, sedangkan mobil merupakan kebutuhan sampingan. Namun apakah selalu seperti itu ? Agar tidak bimbang, yuk intip hal apa saja yang menjadi pertimbangan ketika memilih antara rumah dan mobil berikut.


Nilai Harga yang Mengalami Perubahan

Baik rumah maupun mobil, keduanya akan mengalami perubahan perihal harga. Ada yang semakin tinggi serta semakin rendah. Untuk mobil, semakin berkembangnya zaman semakin banyak saja produsen yang menawarkan harga terjangkau dengan uang muka yang murah.

Hal tersebut tentu membuat kamu tergiur untuk membelinya. Namun perlu diingat bahwa ketika kamu ingin menjual kembali mobil tersebut, maka kemungkinan besar harga mobil akan menjadi lebih rendah bila dibandingkan saat kamu membelinya.

Berbanding terbalik dengan rumah, yang seiring dengan terbatasnya lahan serta pertumbuhan penduduk yang meningkat pesat. Membuat harga rumah tiap tahunnya bisa melambung lebih tinggi. Jadi mending beli rumah atau mobil dulu?

Sejatinya, apapun pilihan kamu baik itu membeli rumah dulu atau mobil dulu, bisa dijadikan investasi di masa depan. Misalnya kamu bisa membuat kontrakan atau kos kos an dengan rumah, kamu juga bisa membeli mobil lalu menyewakannya. Tergantung mana yang cocok serta menguntungkan bagimu.

Baca juga: Belajar Menabung Sejak Dini, Menumbuhkan Karakter Menghargai dan Berani


Kenali Kebutuhan Primer

Pertimbangan selanjutnya yang harus kamu pikirkan yaitu kenali terlebih dahulu kebutuhan primer kamu. Coba klasifikasikan kebutuhan primer, sekunder, dan tersier, jadi kamu bisa mengetahui kebutuhan mana yang perlu diutamakan bila dibandingkan dengan kebutuhan lainnya. 

Meski rumah memang merupakan kebutuhan primer setiap manusia, namun orang yang satu dengan yang lainnya bisa saja memiliki kebutuhan yang berbeda. Misalnya kamu masih tinggal dengan orangtua, berarti kebutuhan primer akan rumah berarti sudah terpenuhi.

Jadi bila ditanya mending beli rumah atau mobil, kamu perlu mempertimbangkan apakah rumah untuk kamu sendiri masih menjadi kebutuhan primer. Atau malah mobil untuk mobilisasi yang ternyata sedang sangat kamu butuhkan saat itu?


Lihat Seberapa Mandiri Kamu

Meski kebutuhan primer akan rumah sudah terpenuhi, karena kamu sudah difasilitasi rumah oleh keluarga. Namun tidak ada ruginya bila kamu memiliki rumah sendiri, terlebih jika kamu sudah memiliki rencana untuk berkeluarga dalam waktu dekat.

Daripada membawa suami/istri dan anak anak tinggal bersama dengan orang tua, tentu kamu akan merasa lebih bangga bila memiliki rumah sendiri. Memang masih ada pilihan lain seperti mengontrak dan memiliki mobil, namun apakah hal tersebut menjadi pilihan yang tepat? 

Freelance juga bisa menjadi pundi-pundi pemasukan untukmu setiap bulannya. Untuk itu mulailah memupuk kemampuan lainnya dalam dirimu seperti menulis ataupun mendesain. Mengapa demikian? Hampir semua industri saat ini memang memerlukan pekerja freelance untuk kedua jenis pekerjaan tersebut. Selamat mencoba berbagai situs freelancer ini!

Baca juga: Freelancer Zone: Income Hingga Perbedaan Content writer dan Copywriter 

Manfaatkan Program Pemerintah

Apabila kamu berpikir lebih memilih membeli mobil, karena harganya yang jauh lebih mudah bila dibandingkan dengan rumah maka hal ini tidak tepat menjadi alasan. Karena saat ini pemerintah sedang gencarnya menjalani program rumah subsidi.

Program tersebut bahkan telah tersebar di beberapa wilayah Indonesia, seperti Tangerang, Bogor, dan Bekasi. Kamu bisa memanfaatkannya untuk memiliki rumah dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu program KPR tentunya juga sangat mendukung, jadi mending beli rumah atau mobil?

Membeli rumah atau mobil terlebih dahulu sebenarnya bukan perihal keinginan, namun kebutuhan. Semuanya kembali pada bagaimana kamu memprioritaskan kebutuhan tersebut, dan melihat kembali bagaimana kondisi keuangan yang kamu miliki pada saat itu.

Baca juga: Tingkatkan Pemasukan, Berikut 4 Ide Bisnis Dropship yang Paling Menguntungkan