4 Tips Mengatur Keuangan dengan Benar Agar Pengeluaran Tidak Membengkak

Tips mengatur keuangan (Sumber: Pixabay.com)

Tips mengatur keuangan (Sumber: Pixabay.com)

Like

Tips mengatur keuangan memang tidak mudah untuk dilakukan, namun seiring waktu berjalan kamu harus belajar menabung. Mengatur keuangan yang baik memang harus dimulai sejak dini agar sejak dini terbiasa menjadi seorang yang disiplin. 

Adapun menurut Suara.com beberapa manfaat yang dapat ditimbulkan dari pengolahan duit yang baik diantaranya yaitu Melatih hidup hemat.  Melatih hidup tertib dan teratur, memiliki perencanaan masa depan yang lebih baik, menghindari dari stress. 

Nah, siapa disini yang tidak senang tatkala gajian? Pastinya semua orang akan merasa senang saat kali diberikan sejumlah uang sebagai bentuk penghargaan dari pekerjaannya. Namun sayangnya, kesenangan ini akan bertahan dalam sekejap. 

Hal ini tidak lain karena kebiasaan sebagian besar orang untuk membelanjakannya dikala awal bulan. Akibatnya, banyak orang menyesal karena menghabiskan uangnya terlalu cepat dan tidak ada sisa hingga akhir bulan. Lantas bagaimana tips mengatur keuangan agar tidak cepat habis? Simak ulasannya.


1. Membuat Anggaran Harian, Mingguan, atau Bulanan


Tidak sedikit orang menganggap hal ini mudah untuk dilakukan, namun pada kenyataannya banyak yang gugur. Karena mereka tidak bersungguh sungguh dalam membuat budget atau anggaran untuk mengatur keuangannya secara lebih baik. 


Bila memang ingin menghemat pengeluaran, cobalah untuk menerapkan hal ini agar pengeluaran tidak selalu membengkak. Misalnya, jika kamu memiliki gaji Rp. 3 juta dan ingin menabung Rp. 1 juta setiap bulannya, maka uang yang bisa digunakan yakni Rp. 2 juta.

Dari nominal Rp. 2 juta tersebut, bagi kembali ke berbagai kebutuhan hidupmu selama satu bulan. Seperti biaya makan satu bulan Rp. 500 ribu, pulsa internet Rp. 100 ribu, belanja bulanan (pasta gigi, sabun, dan lainnya) Rp. 300 ribu, bensin Rp. 300 ribu, uang darurat Rp. 250 ribu, dan bayar cicilan Rp. 550 ribu.


2. Menghemat dalam Urusan Makanan


Tips mengatur keuangan selanjutnya ialah berhemat dalam urusan makanan. Hal ini memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa godaan setiap manusia pastinya soal makanan. Apalagi bila kamu tinggal di kota, pastinya banyak sekali restoran yang sangat menggoda untuk dikunjungi.

Bahkan apa saja yang diinginkan untuk dimakan, hampir dalam sekejap bisa dijumpai dengan mudah. Mulai dari makanan bergaya kebaratan, ASIA, hingga makanan khas Indonesia sekalipun. Namun bila kamu makan di restoran, tentunya hal ini akan cepat menguras kantong.

Agar pengeluaran setiap bulannya tidak selalu membengkak, alangkah baiknya jika kamu mengontrol diri tatkala memilih makanan untuk dikonsumsi. Hal ini bukan berarti kamu tidak bisa makan di restoran favorit. Kamu masih bisa makan di restoran, hanya saja harus mengatur intensitas harga serta jumlahnya.

Baca juga: Meraih Cuan dari Bisnis Makanan Homemade


3. Menghindari Belanja Secara Berlebihan

Bisa dibilang tips mengatur keuangan ini seringkali terjadi bagi kaum hawa, dimana selalu tergoda dengan barang yang terlihat menggemaskan meski tidak terlalu berguna. Apalagi ketika gajian di awal bulan, tentunya kontrol diri disaat seperti ini sangatlah diperlukan.

Pastikan kamu memprioritaskan kebutuhan yang sekiranya memang diperlukan. Namun jika kamu beli hanya sekadar untuk memenuhi keinginan semata, maka jangan sampai melakukannya. Membuang uang guna membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan, sebenarnya bukanlah hal bijak.


4. Memanfaatkan Diskon dan Promo

Sejatinya berbelanja boleh boleh saja dilakukan, tetapi alangkah baiknya jika kamu lebih memilih barang atau kebutuhan yang terdapat potongan harganya. Dengan memanfaatkannya sebaik mungkin, terdapat kemungkinan pengeluaranmu di setiap bulannya tidak akan membengkak.

Apalagi kini banyak sekali pebisnis baru yang membuka toko atau usahanya dengan cara memberikan diskon ataupun promo pada barang yang dijajakan. Hal ini tidak lain guna menarik perhatian para konsumen untuk memburu produk yang ditawarkan.

Untuk itu, sebagai konsumen yang pintar dan bijak tentunya hal ini tidak akan dilewatkan begitu saja. Agar kamu bisa mengetahui tips mengatur keuangan satu ini, unduh beberapa aplikasi seperti giladiskon atau dengan memeriksa di beberapa situs web resminya.

Tidak ada kata tidak mungkin, bila kamu belum mencobanya terutama soal keuangan ini. Dengan mencoba beberapa tips yang disebutkan diatas, dapat dipastikan kamu bisa menghemat pengeluaran yang selalu membengkak. Bahkan kamu pun bisa menabung hingga mencapai puluhan juta.

Baca juga: Ada Rebalancing, Kamu Perlu Cermat Review Portofolio Nih!