Begini Tips Anti Boros saat Libur Panjang Akhir Tahun

Finance - Canva

Finance - Canva

Like

Liburan memang jadi momen-momen yang paling ditunggu nih. Sekedar lepas dari rutinitas saat menghabiskan waktu liburan, tentunya bikin kamu jadi “recharge” dan semangat dong pastinya.

Di sisi lain, libur panjang, apalagi di akhir tahun, juga identik banget nih sama pemborosan. Padahal, untuk menyambut tahun yang baru, kamu juga perlu menyiapkan resolusi baru -terutama dalam hal keuangan biar makin cuan.

Nah, gimana caranya biar enggak boros pas lagi menikmati libur panjang akhir tahun? Dilansir dari laman Bisnis, ini tips yang bisa menyelamatkan saldo kamu dari pemborosan saat libur panjang.

Baca Juga: Dapat Bonus Akhir Tahun? Berapa Dana Ideal yang Harus Dikeluarkan?
 

Atur Anggaran Liburan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat anggaran dong. Ingat, ini bukan cuma jadi catatan doang, kamu harus mematuhi anggaran yang sudah kamu buat nantinya ya!

Kamu bisa atur anggaran untuk belanja hadiah, makanan, dan pengeluaran lainnya terkait liburan. Oya, kamu juga bisa bikin anggaran hadiah untuk diri kamu sendiri karena sudah bekerja keras dan semangat selama setahun ini lho!

 

Cari Alternatif Hadiah Akhir Tahun

Memberi hadiah ke orang lain harus selalu mahal? Enggak juga kok!

Kamu juga bisa mencoba alternatif kado spesial yang sesuai dengan anggaran, tapi enggak murahan. Misalnya, kamu bisa memberi hadiah akhir tahun berupa kue atau souvenir buatan tangan sendiri.

Selain itu, kamu bisa berikan kado spesial ke orang-orang tersayang secara personal. Contohnya, kamu bisa membuat kolase dari foto, tiket perjalanan bersama, dan berbagai bukti kenangan manis sebagai hadiah.
 

Hati-Hati dengan Kartu Kredit

Memang sih, kartu kredit bisa membantu kamu untuk mempermudah transaksi keuangan. Namun, ingat, kamu harus bijak menggunakannya.

Jangan sembarangan tergiur diskon atau promo kartu kredit. Adapun, kamu bisa menggunakan kartu yang menawarkan suku bunga paling rendah nih sebagai pilihan alternatif dan jangan lupa untuk melacak pengeluaran kartu kredit kamu ya!

Baca Juga: Perlu Enggak Sih Punya Lebih dari Satu Kartu Kredit?