Cek Fakta: Benarkah Orang yang Suka Menyendiri IQ-nya Lebih Tinggi?

Alone - Canva

Alone - Canva

Like

Kamu punya teman yang suka menyendiri? Atau mungkin kamu suka sendirian?

Menjadi penyendiri memang terkesan kesepian. Namun, hal itu enggak berarti buruk kok.

Banyak hal positif yang berdampak pada diri kamu jika kamu suka banget sendirian daripada berlama-lama dalam kerumunan orang. Misalnya, kamu bisa melakukan “me time” tanpa harus repot bepergian bersama dengan orang lain.

Selain itu, diketahui dari laman Bisnis, kamu yang suka sendirian kemungkinan besar merupakan orang yang cenderung sangat pintar. Waw!

Penelitian menunjukkan, orang-orang ini punya tingkat kepuasan yang lebih rendah terhadap kehidupan ketika mereka sering bersosialisasi dengan orang lain. Kok gitu?
 

Beda Minat dengan Orang Lain

Soalnya, mereka mengalami kesulitan menemukan orang yang sama, yang memiliki minat yang sama dengan mereka.


Fun fact, ternyata sulit lho untuk menemukan minat yang mirip dengan orang yang pikirannya jarang 2 persen dari populasi. Makanya, mereka suka sendirian karena enggak ada orang yang memiliki minat intelektual dan percakapan yang sama.

Lama-lama, mereka pun bakal tumbuh menjadi kebiasaan menikmati kebersamaan dengan mereka sendiri karena enggak ada yang mau tinggal bersama orang yang hanya berbicara secara intelektual.
 

Fokus Berkarir

Selain itu, orang yang cerdas juga cenderung enggak mau punya teman di sekitar mereka karena mereka pikir kemampuannya akan turun, jika mereka terus mencampuri urusan yang biasa-biasa saja.

Di sisi lain, mereka mungkin hanya sibuk mengurus karier dan kehidupan profesional mereka. Mereka berpikir bersosialisasi dengan teman-teman tidak akan membawa kebaikan bagi mereka dan menjadi penghalang lain untuk mencapai tujuan mereka.

Tenang, enggak selalu sekaku itu kok menjadi orang yang suka sendirian. Orang yang enggak cerdas secara akademis misalnya, cukup pandai dalam manipulasi, atau punya pemikiran yang sangat kreatif. 

Yang perlu diingat, menjadi sendirian, bukan berarti kamu harus menjadi orang yang anti sosial ya, Be-emers!