4 Tips Membuat Nama Toko Online yang Bagus Untuk Pebisnis Pemula

Nama toko online yang bagus (Sumber: Pixabaycom)

Nama toko online yang bagus (Sumber: Pixabaycom)

Like

Biasanya hal yang membuat pebisnis pemula kebingungan ialah menentukan nama toko online yang cocok dengan produknya. Apalagi nama toko online ini nantinya bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis yang sedang dilakoni.

Menurut Bisnis.com memang memiliki toko online di tengah pandemi seperti adalah hal yang sangat menguntungkan. Ada bebreapa teknik cara mempromosi toko online agar banyak yang mengunjungi, menentukan target market, mempromosikan melalui media sosial, upload setiap produk secara berkala dengan informasi yang jelas, dan berikan diskon bagi pembelajar pertama.

Cara agar toko online banyak pengunjung, kamu juga bisa menambah competitive edge pada produkmu. Lalu kamu juga bisa menggunakan ads, namun hal yang harus kamu perhatikan adalah nama dari toko onlinemu. Pastikan nama toko onlinemu menarik, ya! 

Bahkan dengan nama yang terbilang unik dan menarik, mampu menarik perhatian para calon customer untuk melakukan transaksi di toko online yang kamu garap. Bila kamu masih bingung menentukannya, tak perlu khawatir berikut ini ada tips membuat nama toko online yang bagus.


Nama yang Singkat dan Sederhana


Dengan nama online shop yang singkat dan sederhana, akan membantu para konsumen untuk mengingatnya. Hebatnya lagi, dengan nama yang simple pun akan membuat tokomu tampak lebih menonjol dibandingkan kompetitor lainnya.


Untuk bisa membuat nama semacam ini, cobalah mempersiapkan selembar kertas corat coret dan kerjakan beberapa langkah brainstorming. Pertama tama yakni tuliskan semua kata kunci yang berhubungan dengan niche bisnismu. Cari keyword atau kata kunci yang bisa diplesetkan menjadi nama toko.

Kemudian cari pula nama yang memiliki satu hingga dua suku kata, misalnya Shopee (dibaca: sho-pi), atau Blibli (dibaca: bli-bli). Agar tampak lebih menarik lagi, buatlah nama yang memiliki rima, seperti Krusty Krab, Chum Bucket, Dunkin’ Donuts, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Membuat Toko Online yang Mudah dengan Cara Singkat!


Nama yang Unik dan Berbeda

Tak hanya simpel semata, kamu pun bisa membuat nama toko online yang bagus dengan keunikan yang membuatnya berbeda dengan lainnya. Terdapat dua cara yang bisa dilakukan guna mendapatkan nama yang unik. Kamu bisa memilih salah satunya sesuai dengan impresi yang ingin diciptakan.

Pertama, cobalah memikirkan hal yang tidak berhubungan dengan produk yang sedang dijajakan. Misalnya saja, Tanamera Coffee yang mana kata “tanah merah” menggambarkan tanah Indonesia yang subur. Hal ini juga bertujuan agar toko online mu bisa berkembang subur kelak.

Kedua, menggunakan namamu sendiri. Bisa dibilang cara satu ini sedikit narsis, namun tidak ada salahnya untuk dicoba. Apalagi bila kamu memiliki personal branding yang sudah kuat, tentunya akan membuat toko online yang kamu garap merangkak naik.


Nama yang Otentik dan Original

Tatkala kamu membuat nama toko online yang bagus dengan melakukan beberapa cara diatas, usahakan untuk tidak menjiplak ataupun memodifikasi dari nama brand yang telah terkenal. Hal ini akan membuatmu terlihat tidak kreatif serta berdampak buruk pada bisnis yang sedang digarap.

Untuk itu, cobalah untuk membuat nama online shop yang otentik dan tentunya original hasil dari pikiranmu sendiri. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yakni memastikan nama toko yang ingin dipakai tidak pernah digunakan oleh orang lain sebelumnya.

Proses pemeriksaan ini bisa dilakukan melalui mesin pencari di berbagai peramban ataupun media sosial. Bila perlu, kamu pun bisa mengecek nama toko melalui kanal hak kekayaan intelektual atau HAKI. Cara satu ini sangat ampuh untuk menghindari plagiasi pada brand lainnya.


Nama Lebih Deskriptif

Tips yang terakhir ini jangan sampai ketinggalan. Maksud dari deskriptif adalah nama yang akan dipakai tersebut bisa menjelaskan produk atau layanan yang ditawarkan secara langsung. Dengan begitu, kamu tak perlu lagi menjelaskan panjang lebar kepada para calon konsumen.

Sebetulnya, tips membuat nama toko yang lebih deskriptif ini terbilang cukup mudah. Dimana kamu hanya perlu mengumpulkan kata kunci yang berhubungan dengan bisnismu. Kemudian pilih salah satu yang paling sesuai dengan tokomu. Alhasil, nama toko online yang bagus akan kamu dapatkan.

Membuat nama untuk toko online memang terkesan merepotkan. Namun jikalau hal ini tidak dilakukan, maka kemungkinan online shop yang sedang kamu garap tidak dikenal oleh khalayak ramai. Buatlah semenarik mungkin, agar bisnismu bisa merangkak naik dan berkembang luas.

Baca juga: 5 Cara Menjadi Dropship di Tokopedia Tanpa Ribet!