Belajar Kaya dari Investor Legendaris Peter Lynch

Peter Lynch (Sumber gambar: www.fidelity.com)

Peter Lynch (Sumber gambar: www.fidelity.com)

Like

Untuk meraup keuntungan yang fantastis, tentu membutuhkan strategi yang jitu. Dalam merancang strategi ini, kita biasanya belajar pada orang-orang yang berpengalaman, seperti Warren Buffet yang kerap kali dijadikan panutan oleh banyak investor karena prinsip value investing-nya. Namun selain Warren Buffet, ada beberapa investor legendaris lainnya yang mahir dalam mencetak cuan. Salah satunya adalah Peter Lynch

Peter Lynch adalah seorang fund manager yang mengelola produk reksadana bernama Magellan Fund pada 1977-1990. Di periode ini, return bersih investasi yang dihasilkannya rata-rata mencapai 29,2% per tahun!

Ada beberapa cara investasi Lynch yang mungkin bisa ditiru untuk mengatur strategi meraup keuntungan di pasar modal:

1. Investor harus punya pengetahuan luas
nvestor itu harus memperdalam pengetahuan sebagai bekal sebelum mengambil keputusan yang tepat. Selain itu, car aini memungkinkan investor terbuka terhadap peluang lain. Pengetahuan ini nantinya dapat digunakan untuk mendeteksi saham yang berpotensi cuan namun tidak dilirik investor lain. Tentunya, keputusan ini harus didasari oleh analisis yang mendalam dan tidak asal pilh. 

2.Jangan pernah panik dengan gejolak ekonomi atau apapun itu.

Sebagai contoh, pada saat pandemi Covid-19 di tahun 2020 yang menekan ekonomi dunia. Akibatnya, pasar saham pun ikut anjlok. Kondisi seperti ini membuat banyak investor teroaksa menjual sahamnya karena panik. Padahal, setiap ada resesi pasti ada pemulihan. Jadi, Jangan sampai ketika pasar saham mulai pulih, investor justru kehilangan kendalinya.

3. Jangan mudah terpengaruh informasi atau rumor yang beredar
Saat berinvestasi, orang cenderung sulit mengabaikan semua informasi yang beredar di pasar dan bertahan dengan saham yang dimiliki. Untuk itu, dengan dasar pengetahuan yang sudah dimiliki, mental tidak terpengaruh informasi, rekomendasi, dan rumor saham akan terbentuk dengan sendirinya. Sebagai contoh, kita tidak terpengaruh rekomendai saham yang sempat popular kemarin, yakni Mansurmology atau Sangmology.

4. Harap bersabar!
Banyak orang ingin kaya dengan cara yang instan. Padahal, jika kita melihat portofolio Peter Lynch, kebanyakan cuan yang dihasilkan datangnya di tahun ketiga hingga tahun kesepuluh setelah investasi.
Peter Lynch pernah memperoleh cuan 500% di saham Lukens Steel. Saham itu memang baru melejit banget dalam setahun, tetapi Lynch harus menunggu 15 tahun untuk mendapatkan momen lonjakan saham Lukens Steel tersebut

 

Image: Instagram @bisnis.muda.id

Image: Instagram @bisnis.muda.id




Sumber:
Instagram @bisnis.muda.id https://www.instagram.com/p/CJPr5UOJolG/?utm_source=ig_web_copy_link
https://www.cnbcindonesia.com/investment/20201217132908-21-209782/mau-cuan-500-seperti-orang-ini-yuk-belajar-strateginya