Reksa Dana Saham Diprediksi Jadi yang Paling Diincar Tahun Ini, Berikut Alasannya

Excited - Canva

Excited - Canva

Like

Di tahun 2020 lalu, reksa dana pendapatan tetap terbilang jadi yang paling moncer nih. Hal itu bahkan terjadi di tengah performa kinerja reksa dana yang cukup fluktuatif.

Bukan tanpa sebab, pandemi Covid-19 jadi salah satu sentimen yang memberi tekanan ke instrumen investasi reksa dana.

Sepanjang 2020, reksa dana pendapatan tetap tercatat sebagai reksa dana yang cukup cuan.

Berdasarkan data Infovesta Utama, yang dilansir Bisnis, kinerja reksa dana pendapatan tetap hingga pekan ketiga Desember 2020, unggul 9,13 persen sejak awal tahun (year to date).

Baca Juga: Reksa Dana Mana yang Paling Unggul di 2020?


Bahkan, reksa dana pendapatan tetap jadi satu-satunya indeks reksa dana yang outperform dari indeks acuan.

Meski begitu, rupanya reksa dana saham justru diprediksi bakal jadi primadona selanjutnya di tahun 2021 ini lho, Be-emers! Kok bisa?

Menurut Direktur Panin Asset Management Rudiyanto, dikutip dari Bisnis, imbal hasil reksa dana pendapatan tahun ini bakal lebih banyak mengandalkan kupon dibandingkan kenaikan harga akibat suku bunga acuan.

Soalnya, ia menilai, suku bunga acuan saat ini sudah terbilang sangat rendah dan potensi penurunannya sudah terbatas. Makanya, hal itu bikin potensi imbal hasil reksa dana pendapatan tetap enggak bakal setinggi tahun lalu lagi nih.

Di sisi lain, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi oleh pihak Panin AM bakal berada di sekitar level 6.700 pada akhir 2021 ini.

Rudiyanto optimis kalau hal itu bisa terjadi. Hal itu didukung oleh euforia investor lokal saat ini menjadi pendorong baru pergerakan indeks sehingga tak perlu terlalu bergantung pada investor asing.

Selain itu, menurut Direktur Utama PT Pinnacle Persada Investama Guntur Putra, tahun ini investor akan mulai memperbesar alokasi investasi mereka di reksa dana berbasis saham.

Mengingat, beberapa waktu jelang akhir tahun lalu, banyak investor terutama investor ritel yang mulai berinvestasi ke pasar saham atau reksa dana berbasis saham.

Jadi, gimana, tertarik meraup cuan dengan reksa dana saham?

Baca Juga: Ini Alasan Investasi Reksa Dana Cocok untuk Kamu yang Punya Budget Pas-Pasan