Bukan Sekedar Tren, Ini Alasan Anak Muda Wajib Investasi

Young - Canva

Young - Canva

Belakangan, media sosial ramai dengan para public figure yang merekomendasikan sahamnya dan mengajak untuk mulai berinvestasi.

Mulai dari tokoh agama Ustadz Yusuf Mansur, hingga putra Bungsu Presiden, yaitu Kaesang Pangarep, seringkali membagikan rekomendasi saham jagoannya di media sosial. Seakan enggak mau kalah, selebriti papan atas seperti Raffi Ahmad dan Ari Lasso pun baru-baru ini juga mulai terjun ke investasi saham.

Sebenarnya, enggak hanya instrumen saham, kamu pun bisa melakukan investasi di berbagai instrumen lain. Mulai dari emas, reksa dana, obligasi, dan sebagainya.

Yang terpenting, kapan kamu mau memulai investasi?

Memang, sebelum kamu memulai investasi, sebaiknya kamu punya target atau tujuan terlebih dahulu. Hal ini mencegah kamu boncos karena hanya ikut-ikutan tren.

Selain itu, ada baiknya juga, sedari dini kamu sudah memulai investasi nih, Be-emers. Dikutip dari laman Bisnis, ini sejumlah alasan anak muda wajib berinvestasi.

Baca Juga: Mau Trading Forex Aman? Begini Tips dari Trader Muda


Kebebasan Finansial
Sering dengar istilah bebas finansial? Nah, bukan hal yang mustahil untuk kamu bisa mencapai kebebasan finansial kalau memulai investasi sejak dini lho, Be-emers.

Perlu kamu ketahui, ide dasar dari kebebasan finansial yaitu seuatu kondisi keuangan seseorang yang telah cukup untuk membiayai kebutuhan utama dan gaya hidup. 

Sementara itu, investasi adalah sebuah proses pembelajaran.Makanya, semakin cepat memulai, semakin cepat pula seseorang memiliki insting investasi yang baik.

Selain itu, bertambahnya jumlah investasi seharusnya seiring dengan naiknya imbal hasil. Dengan begitu, kebebasan finansial akan semakin cepat diraih!


Tambahan Bekal Pensiun
Enggak cuma itu, dengan berinvestasi sedari muda, hasilnya bisa kamu gunakan untuk dana pensiun.

Idealnya sih, semakin cepat menyiapkan dana pensiun, maka semakin besar pula dana hari tua. Saat ini, ada banyak kok instrumen investasi yang bisa disiapkan menjadi dana pensiun. 


Penghasilan Pasif
Lain dengan melakukan bisnis, dengan berinvestasi, maka kamu bakal memiliki penghasilan pasif. Misalnya, di investasi saham, beberapa emiten diketahui rajin membagikan dividen lho!

Dengan kata lain, semakin besar kepemilikan kamu pada perusahaan tertentu, semakin besar pula laba yang dibagikan perusahaan. Hal ini juga bakal menambah uang saku untuk menunjang gaya hidup kamu deh.


Cuan Besar
Semakin dini kamu memulai, maka akan semakin besar juga cuan yang bakal kamu dapatkan lho! Jadi, buat kamu yang memulai investasi di usia 20 tahun, bisa jadi kamu akan punya keuntungan yang berbeda dengan mereka yang baru memulai di usia 30 tahun.

Perlu diingat, memulai investasi sejak usia muda juga akan membuat kamu jadi punya banyak waktu untuk belajar.

Baca Juga: Menikah Muda Bikin Investasi Terganggu? Cari Tahu Alasannya Di Sini