Tertarik Jalani Bisnis Dropship? Ini Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Dropship - Canva

Dropship - Canva

Mungkin selama ini kamu berpikir kalau sebuah usaha pasti membutuhkan modal yang besar. Belum lagi, kamu harus menyiapkan tempat usaha, yang pastinya membutuhkan ruang dan biaya tambahan.

Namun, kini banyak peluang usaha yang justru bisa dijalani dengan modal yang minim, bahkan cenderung tanpa modal lho, Be-emers. Salah satunya yaitu bisnis dropship.

Mirip dengan reseller, bisnis dropship menerapkan sistem penjualan kembali dari supplier. Bedanya, kamu enggak perlu repot untuk punya stok barang dan melakukan penjualan sesuai pesanan pelanggan saja.

Meski kelihatannya simple, tapi kamu enggak boleh menyepelekan bisnis dropship ini, Be-emers. Dikutip dari Bisnis, ada sejumlah hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin berbisnis sebagai seorang dropshipper.

Baca Juga: Mending jadi Reseller, Dropshipper, atau Jastip buat Berbisnis?
 

Utamakan Kualitas

Meski hanya sebagai “perantara” dari supplier ke pelanggan, tapi kamu jangan pernah sekalipun menomorduakan kualitas produk dan layanan ya, Be-emers!

Jangan selalu mencari supplier yang menawarkan harga termurah tanpa mengecek kualitas produknya terlebih dahulu. Soalnya, dengan melakukan hal itu, bisa merusak laba kamu dalam jangka panjang.

Usahakan untuk selalu melakukan tes pesanan dengan pemasok pilihan kamu. Sehingga, kamu bisa memeriksa kualitas produk dan melihat dengan tepat apa yang akan diterima oleh pelanggan kamu nanti.

Selain kualitas produk, perhatikan juga kualitas layanan kamu ya. Dengan berinvestasi dalam layanan pelanggan yang hebat, bakal membantu bisnis Anda meraih kesuksesan.

Sebaliknya, kalau kamu mengabaikan kualitas layanan, hal itu bakal jadi pukulan serius buat peringkat kepuasan pelanggan. kamu pun bisa kehilangan banyak peluang cuan lho.
 

Jangan Mengandalkan Satu Supplier

Semakin banyak referensi, bisa semakin baik untuk pemilihan produk kamu nih. Untuk itu, kamu bisa cari tiga hingga lima supplier untuk setiap produk yang bakal kamu jual.

Ingat Be-emers, supplier yang kamu pilih bakal bisa jadi fondasi dropship yang kamu jalani. Makanya, memilih supplier yang baik itu sangat penting untuk keberhasilan bisnis kamu.
 

Diversifikasi Sumber Trafik & Ekspansi Usaha

Perlu kamu ketahui, berbisnis dropship secara online sebaiknya jangan hanya mengandalkan satu sumber trafik online saja. Hal itu dinilai bisa dapat menghabiskan banyak waktu dan uang dalam jangka panjang.

Misalnya, kamu hanya fokus pada penjualan di Facebook saja. Sementara itu, beriklan di Facebook menjadi lebih mahal dan akibatnya, cuan kamu pun bisa jadi lebih sedikit.

Selain itu, penting juga untuk punya rencana cadangan saat menjalankan bisnis kamu. Soalnya, rencana tersebut bisa memberi kamu fleksibilitas dan pilihan saat terjadi krisis.

Adapun, kamu bisa coba untuk melakukan ekspansi usaha lho, bahkan hingga ke tingkat internasional. Salah satu keuntungan dari bisnis dropship ini, kamu bisa menjual produk secara global saat kamu sudah punya sistem yang mumpuni.

Baca Juga: Tingkatkan Pemasukan, Berikut 4 Ide Bisnis Dropship yang Paling Menguntungkan