Saham ANTM Melejit, Pengaruh Kaesang atau Baterai Kendaraan Listrik?

Excited - Canva

Excited - Canva

Hingga akhir perdagangan bursa hari ini (8/1), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali ditutup di zona hijau. IHSG mengakhiri perdagangan pekan ini dengan penguatan 1,69 persen dan parkir di level 6.257.

Diketahui, ada 245 saham yang berhasil menguat di perdagangan hari ini lho! Nah, dari sekian banyak emiten yang cuan, justru menarik perhatian nih.

Emiten dengan kode ANTM itu sahamnya terus melejit nih, Be-emers. Dalam lima hari terakhir ini, saham ANTM sudah melonjak lebih dari 30 persen lho!

Bahkan, sepanjang tahun 2020, saham ANTM diketahui meningkat hingga 100 persen. Enggak cuma itu, terus meroketnya saham ANTM, membuat kapitalisasi pasarnya juga terus menanjak.

Kerennya lagi nih, kini ANTM telah menjadi emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar di antara emiten tambang lainnya! Diketahui, kapitalisasi pasar Antam mencapai Rp64,64 triliun.

Angka itu membuatnya berhasil menyalip emiten produsen emas Grup Saratoga, yakni PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA).

Sebenarnya, apa sih yang bikin saham ANTM berkilau banget?
 

Cuitan Kaesang dan Klarifikasi ANTM

Putra bungsu Presiden Joko Widodo, yakni Kaesang Pangarep, memang tengah aktif memberikan rekomendasi saham jagoannya di media sosial Twitter. Belakangan diketahui, salah satu saham andalannya yakni ANTM.

Bahkan pada Kamis (7/1) lalu, lewat akun Twitternya (@kaesangp), Kaesang mengaku kalau dirinya lagi menunggu saham ANTM tembus ke level 4.000.

Enggak cuma sekali, bahkan pada hari perdagangan pertama bursa tahun ini (4/1), pengusaha bisnis kuliner itu juga menyampaikan kalau dirinya telah menambah saham ANTM ke dalam portofolionya.

Baca Juga: Lakukan Average Up, Kaesang Masih Pilih ANTM dan PGAS! Kenapa Ya?

Entah secara kebetulan, di hari yang sama, saham ANTM berhasil terbang hingga 13,18 persen ke level 2.190 di penutupan perdagangan bursa.

Meski begitu, dilansir dari Bisnis, pihak Antam sendiri menegaskan kalau mereka enggak menggunakan jasa public figure atau influencer untuk mengatrol nilai sahamnya lho, Be-emers!

Menurut SVP Corporate Secretary Antam Kunto Hendrapawoko, pihaknya justru fokus sama optimalisasi kinerja produksi dan penjualan komoditas utama nikel, emas, dan bauksit. 

Selain itu, Antam juga sedang meningkatkan nilai tambah produk serta melaksanakan implementasi kebijakan strategis terkait pengelolaan biaya yang tepat dan efisien sejalan dengan situasi pandemi.
 

Proyek Baterai Kendaraan Listrik

Di sisi lain, kenaikan saham ANTM juga enggak bisa lepas dari sentimen rencana proyek baterai kendaraan listrik nih, Be-emers.

Perlu diketahui, Indonesia bakal menjadi negara pertama di dunia yang bakal memiliki industri baterai kendaraan listrik terintegrasi. Mulai dari pertambangan, hingga pabrik sel baterai litium, sekaligus menjadi produsen kendaraan listrik.

Nah, pengembangan industri baterai kendaraan listrik itu bakal dilakukan sama konsorsium BUMN.

Perusahaan pelat merah yang terkait antara lain Indonesia Battery Holding (IBH), yang terdiri atas Mining and Industry Indonesia (MIND ID), PT Pertamina (Persero), PT PLN (Persero), dan Antam.

Baca Juga: Bakal Ada Holding Indonesia Battery, Ini Tugas Antam (ANTM)