Hadapi 2021, Ini Tips Sukses Berkarir untuk Kamu

Work - Canva

Work - Canva

Tahun baru, resolusi baru. Dari sekian banyak resolusi diri, memiliki karir yang sukses tentu jadi dambaan banyak orang.

Sementara itu, persaingan dalam dunia kerja semakin ketat. Pada akhirnya, kamu pun dituntut untuk semakin kreatif dan pintar membaca peluang dalam berkarir.

Banyak pilihan untuk mengejar karir impian. Bisa dengan meningkatkan performa kerja atau mencoba tantangan di tempat baru.

Nah, dikutip dari laman Bisnis, berikut tips berkarir yang perlu kamu tingkatkan di tahun 2021.

Baca Juga: Di Tengah Ketidakpastian, Ini Cara Menjaga Semangat Dalam Berkarir


Tingkatkan Personal Branding
Jika kamu sedang membuat resolusi awal tahun, maka kamu perlu memasukkan target untuk meningkatkan personal branding. Enggak hanya pada industri tertentu saja, personal branding kini memiliki nilai lebih.

Personal branding merupakan bagian dari cerita kamu, mengapa kamu bernilai, dan apa saja kompetensi kamu serta seperti apa visi kamu.

Perlu kamu ingat, personal branding merupakan sebuah ide strategi agar orang lain mengenal kamu. Kalau kamu sukses merumuskan personal branding, maka kamu bisa menciptakan gambaran pada orang lain tentang diri kamu sendiri sesuai harapan kamu.


Tingkatkan Skill
Dengan pergeseran cara kerja, sejumlah skill baru diperlukan ketimbang yang lain. Di atas semua itu, kompetisi semakin meningkat maka pastikanlah kamu tidak tertinggal di belakang.

Kalau kamu berkomitmen untuk belajar lebih banyak maka kamu akan bersinar lebih terang. Tidak ada yang bisa lebih baik bagi kamu meningkatkan skill dan memastikan kamu tetap memikat di lapangan kerja.

Ada banyak kursus online di internet yang bisa membantu kamu menaikkan skill kamu, oleh sebab itu jangan sia-siakan skill kamu. Selain itu, skill kamu bisa dikombinasikan dengan baik bagi personal branding kamu.

Coba deh, mulai membuatnya lebih cantik dan menarik sebagai cara menaikkan karir kamu ke level paling atas.


Review Diri
Bersiaplah karena kini jejak digital akan mempengaruhi penilaian atas diri kamu. Tak banyak orang yang menyadari pentingnya menjaga dan mereview jejak digital.

Ingat, orang enggak akan mudah melupakan unggahan kamu yang akan sangat mungkin mengganggu pekerjaan impian kamu.

Maka, penting banget menjaga kepercayaan dengan jejak digital yang bersih. Soalnya, dengan cara beginilah orang akan banyak dan saling terkoneksi dengan kamu, sehingga memudahkan kamu merekrut konsumen yang potensial.

Oh iya, kamu bisa hapus komen atau unggahan yang merusak citra kamu, dan tetap berhati-hati dalam unggahan ke depannya.


Perkuat Jejak Digital
Sekali kamu memiliki jejak digital yang baik. Maka selanjutnya, kamu harus memperkuat jejak itu.

Bocoran buat kamu nih, para recruiter dan konsumen tak hanya memperhatikanmu, tetapi mereka juga merasa perlu mempercayai kamu. Dalam langkah yang tepat, kamu juga harus membangun jejak digital yang profesional untuk memperkuat eksistensi kamu di dunia digital.

Investasikanlah grafik pemasaran untuk diri kamu sendiri, buatlah konten yang relevan, dan cobalah lebih konsisten dengan merk kamu di dunia digital. Atur profil LinkedIn sebagai salah satu cara menaikkan citra profesional kamu di dunia digital.


Tingkatkan Manajemen Waktu
Waktu adalah hal paling berharga, sumber untuk semua yang kamu miliki, kadang terasa berlebihan bahkan kadang terasa sangat kurang.

Karena kini kita bekerja pada suasana yang cenderung mengandalkan tangible skills, terkadang kita kesulitan dalam mengelola waktu. Maka, manajemen waktu adalah hal penting bagi semua orang dalam industri.

Untuk itu, bekerjalah secara produktif. Hal itu merupakan kunci untuk menaikkan karir kamu pasa 2021.

Kenapa? Karena kamu akan meningkatkan target karir dan harus lebih memperhatikan kesehatan diri, yang mana ini adalah resep jangka panjang meraih sukses.

Maka jika kamu ingin sukses dalam karir, mulailah menaikkan kapasitas diri dan nilai kamu. Jangan menunggu kesempatan datang, mulailah menciptakan inovasi dengan daya kamu sendiri ya, Be-emers!

Baca Juga: Negosiasi Itu Penting untuk Karir Kamu Lho! Intip Caranya di Sini Yuk!