Mengatasi Permasalahan Ekonomi di Saat Pandemi Covid-19 yang Anti Panik

#mengaturkeuangan #menghitungkeuangan #keuangan #saving #living #playing

#mengaturkeuangan #menghitungkeuangan #keuangan #saving #living #playing

Like

Virus corona masuk ke Indonesia bagaimana  cara mengatur Keuangannya? 
Di saat harga-harga kebutuhan naik, cicilan tetap jalan, tapi penghasilan berkurang atau mungkin kehilangan pekerjaan karena adanya Covid-19, bikin sedih, khawatir dan panik.
 
Sedih, khawatir, dan paniknya sebentar aja yaa.. Karena dampak virus corona tidak dirasakan sendirian tapi seluruh dunia. Untuk mengatasi permasalahan gejolak perekonomian di saat pandemi covid19 ini, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kepanikan permasalahan ekonomi disaat pandemi ini:

1.  Evaluasi pengasilan kita 

Evaluasi penghasilan ini dapat membantu anda mengetahui posisi keuangan anda saat ini.  Dengan cara cek antara keseimbangan pengeluaran dan pemasukan anda di setiap akhir bulan.

Setelah biaya pengeluaran tercatat dan terhitung semua, apakah sudah seimbang atau belum? Pastikan sudah seimbang, supaya tidak panik menghadapi pandemi ini.


2. Menghitung dana darurat yang tersedia

Ketika permasalahan ekonomi datang, yang diperlukan adalah dana darurat yg kita punya. Dana ini dari hasil mengumpulkan beberapa persen dari penghasilan kita sebelum adanya permasalahan ini. Karena dana darurat sangat berguna disaat permasalahan keuangan datang 

3. Membayar semua cicilan  yg dipunya
 
Membayar cicilan itu adalah hal yg harus dilakukan di saat masalah keuangan tiba. Dengan cara menggunakan dana darurat untuk membayar cicilan dan melunasinya.

Agar di saat seperti ini, kita enggak usah panik dan takut akan tagihan cicilan yang tetap jalan. Karena tagihan cicilan tidak melihat kondisi keuangan yg sedang dialami.

4. Menghitung ulang budget rumah tangga 

Menghitung kembali budget pengeluaran rumah tangga. Hal itu untuk mengetahui berapa jumlah yg sebenarnya dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga selama sebulan. 

5. Mencari penghasilan tambahan 

Di saat pandemi Covid-19 ini, banyak yg kehilangan pekerjaan dan banyak yg bekerja dari rumah. Sehingga, waktu lebih banyak di rumah dengan penghasilan yg berkurang, namun pengeluaran harus tetap jalan.
 
Itu yg membuat kita harus mencari penghasilan tambahan dengan cara menggunakan sektor yang tidak terganggu di saat pandemi ini. Sudah banyak orang yang melakukan untuk menyelamatkan bisnis mereka.

Yaitu dengan cara berjualan secara online. Misalnya, menjual kerajinan atau kreasi masakan yg dihasilkan selama dirumah aja.

Karena saat dirumah aja, itu membuat kreasi dan skill kita bertambah. hal itu membuat kita bisa membuat sebuah kreasi yang dapat diperjualbelikan melalui online untuk menghasilkan uang dan dapat membantu penambahan penghasilan di saat kondisi seperti ini. 

Pandemi Covid-19 bisa kita lalui dengan tenang agar perekonomian kita tidak terganggu. Kita bisa memutar ide dan mengelola keuangan yang sudah ada, agar tidak panik dan menjadi depresi karena masalah yg muncul di era Covid-19 ini. Terutama masalah keuangan yang terjadi.