Emiten Sektor Perbankan Mulai Pulih, Gimana Prospek BRI (BBRI)?

Bank Illustration - Canva

Bank Illustration - Canva

Like

Berbagai sentimen positif, seperti pemulihan ekonomi, nampaknya membuat pergerakan pasar modal dalam negeri telah menunjukkan performa terbaiknya di awal tahun ini.

Bahkan, di perdagangan hari ini (18/1), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak bullish, dengan penguatan 0.26?n parkir di level 6,389.83.

Enggak cuma itu, harga saham sejumlah emiten perbankan juga terpantau membaik sejak awal tahun 2021 lho, Be-emers. Salah satu emiten yang mencatatkan lonjakan kinerja yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk..

Emiten perbankan dengan kode saham BBRI itu tercatat telah mengalami kenaikan harga saham hingga 9,83 persen sejak awal tahun hingga perdagangan Jumat (15/1) lalu.
 

Peluang dari Potensi Merger

Seperti yang diketahui, sempat beredar kabar kalau BRI bakal melakukan merger dengan Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM.

Baca Juga: Konsolidasi dengan Pegadaian & PNM Dinilai Bikin BBRI Makin Kokoh? 


Nah, menurut Kepala Riset Indo Premier Sekuritas Jovent Muliadi, dikutip dari Bisnis, potensi merger ketiga perusahaan tersebut bakal mendongkrak pendapatan bank yang masuk dalam daftar big bank di Indonesia ini.

Bank BRI diketahui berencana bakal mengakuisisi Pegadaian dan PNM tahun 2021 ini. Setidaknya, hal itu diprediksi bakal terjadi pada kuartal I/2021.

Pihak Indo Premier pun menilai, skema akuisisi itu kemungkinan besar bakal dilakukan lewat penambahan modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) atau rights issue.

Kalau sampai hal itu terealisasi, bukan enggak mungkin, Bank BRI bakal jadi pemimpin pasar kreditur mikro nih, Be-emers.

Di perdagangan hari ini (18/1), saham BBRI berhasil ditutup menguat 0,87 persen ke level 4.620.

Adapun, menurut Analis Aldiracita Sekuritas Indonesia Agus Pramono, sektor perbankan mulai bangkit setelah tertekan pandemi Covid-19 pada 2020. Namun, setelah adanya stimulus dari sisi fiskal dan moneter dari pemerintah, pemulihan kinerja perbankan pada kuartal III/2020 pun mulai terlihat.

Baca Juga: Kebutuhan Pembiayaan UMKM, BBRI & BBNI Gencar Salurkan KUR