Ekonomi Digital dalam Pusaran Kesenjangan Teknologi Hingga Privasi Data

Like

Solusi Agar Penetrasi Keuangan Digital Bisa Ngebut


​​​Kesenjangan teknologi menjadi masalah utama ekonomi digital. Perkembangan ekonomi digital membutuhkan ponsel pintar yang canggih dan jaringan internet yang kuat. Di sisi lain, tidak semua masyarakat dunia yang memiliki ponsel pintar canggih maupun mendapatkan jaringan internet yang layak. 

Masih dalam diskusi Ajay di TED Talk, dia mengakui kesenjangan digital adalah masalah nyata untuk ekosistem ekonomi digital. Untuk itu, pengembangan ekonomi digital harus diikuti dengan solusi bagi mereka yang tidak mendapatkan keistimewaan dalam bertransaksi dengan teknologi canggih. 

“Saya bisa beri contoh dari produk kami di Mesir. Kami bikin dompet elektronik dengan ponsel, tetapi tidak harus menggunakan ponsel pintar, tetapi bisa menggunakan feature phone atau ponsel lama,” ujarnya. 

Ajay mengatakan hal itu menunjukkan kalau ekonomi digital jangan bergantung kepada ponsel pintar atau akses internet. Soalnya, banyak wilayah negara lain yang jaringan internetnya belum merata. 

“Salah satu buktinya adalah di kala pandemi Covid-19, kesenjangan digital sangat terasa,” ujarnya. 


Maksud Ajay adalah ketika pandemi Covid-19, semua serba digital di tengah digitalisasi yang belum merata. Seperti, sekolah online yang tidak bisa diterapkan di daerah pedalaman di Indonesia. Bahkan, ada yang cerita setiap mau sekolah online harus berjalan berpuluh-puluh kilometer agar dapat sinyal. 

Kesenjangan digital ini dampaknya sangat luas karena memperkuat kesenjangan si beruntung yang bisa menggunakan semua fasilitas dengan si yang tidak beruntung dengan keterbatasan.