Banyak Diminati, Gimana Sih Cara Mulai Bisnis Franchise?

Like

 

Franchise - Canva

Franchise - Canva

 

Hal yang Diperhatikan Sebelum Mulai Bisnis Franchise

Bisnis franchise mungkin sudah bertebaran dimana-mana nih, Be-emers. Namun, bisnis franchise tentunya menarik buat jadi pilihan memulai bisnis.

Nah, setelah tahu apa itu franchise, kamu juga mesti memahami dan memperhatikan sejumlah hal sebelum mulai bisnis franchise lho, Be-emers.

Menurut Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia Tri Raharjo, dikutip dari Bisnis, ada tiga faktor penting nih yang perlu kamu pahami sebelum terjun ke bisnis waralaba.

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis, Begini Cara Pilih Franchise yang Tepat di 2021


Perhatikan Peluang dan Potensi Keberhasilan

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah peluang dari waralaba itu sendiri. Peluang jadi hal penting agar usaha yang kamu jalani punya prospek cuan.

Misalnya, di daerah tempat tinggal kamu belum ada barbershop atau laundry kiloan profesional. Padahal, banyak warga yang membutuhkan.

Sehingga, kalau dibuka di lokasi kamu, hal itu bisa jadi potensi cuan dan peluangnya akan sangat besar.

Selain itu, kamu juga perlu riset potensi keberhasilan dari bisnis franchise. Contohnya, ketahui seberapa banyak usaha yang masih berjalan dan berapa banyak yang sudah tutup 

Kalau, semakin banyak yang berhasil, maka akan semakin bagus. Atau, kamu bisa survey langsung ke lokasi dengan menjadi konsumen terlebih dahulu untuk mendapatkan pengalaman dan penilaian yang objektif.


Sesuaikan dengan Minat dan Pilih Brand serta Lokasi yang Tepat
Nah, selanjutnya, kamu bisa pilih jenis franchise yang sesuai dengan minat kamu nih, Be-emers. Misalnya, kamu suka dengan dunia kuliner, kamu bisa pilih jenis franchise yang bergerak di sektor tersebut.

Yang enggak kalah penting, selanjutnya, kamu harus menentukan jenis usaha, brand, dan lokasi yang tepat. Caranya, kamu bisa mendata lima besar pemain franchise (franchisor) terlebih dahulu, terutama dari sisi brand yang paling kuat dan dikenal publik.


Pelajari Penawaran Franchise
Terakhir, setelah merasa cocok dengan brand tertentu, coba untuk pelajari prospektus penawaran franchise. Kemudian lakukan juga analisis investasi, berapa besarnya, apa saja keuntungannya, berapa omzet dan laba per bulan.

Yang enggak kalah penting, cari tahu seberapa besar support yang diberikan dan sistem manajemen franchisor. Soalnya, ketika manajemen mengelola dengan baik, bisnis waralaba pun bakal tumbuh baik lho!


Jadi, enaknya mulai bisnis franchise apa yaa yang cepat bikin cuan, Be-emers?