Cerita Saham Sepekan: Nasib Emiten Telekomunikasi Hingga KRAS yang Berhasil Cuan

Like

 

5G - Canva

5G - Canva

 

Saham Telekomunikasi Kompak Terjun, Emiten Ini Malah Intip Peluang

Pada Senin (25/1), deretan saham emiten telekomunikasi tiba-tiba kompak terkoreksi nih, Be-emers.

Hal itu terjadi usai Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membatalkan hasil keputusan lelang jaringan 5G.

Saham PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) jadi yang paling anjlok hingga akhir perdagangan hari itu. Diketahui, saham FREN terjun hingga 6.06 persen. Hal itu disusul oleh saham PT Indosat Tbk. (ISAT) dan PT XL Axiata Tbk. (EXCL), yang masing-masing terkoreksi 1,83 persen dan 1,23 persen.

Sementara itu, saham TLKM melemah 0,59 persen ke level Rp3.370. Padahal, bersama PT Hutchison 3 Indonesia, TLKM dan FREN sudah masuk ke dalam daftar tiga operator yang sudah tembus lelang sebelumnya lho, Be-emers!

Waduh! Alhasil, keputusan pemerintah tersebut bikin implementasi layanan 5G jadi tertunda deh.


Hingga di hari perdagangan terakhir di bulan Januari (29/1) kemarin, saham emiten telekomunikasi masih terus merosot nih, Be-emers. Saham TLKM jadi yang paling anjlok, dengan koreksi 4,01 persen atau sebanyak 130 poin.

Sedangkan saham FREN, diketahui terjun 3,57 persen. Sementara saham ISAT dan EXCL masing-masing juga masih terkoreksi 2,90 persen dan 2,20 persen.

Baca Juga: Apa Saja Tantangan Indonesia Menuju Frekuensi 5G?

Meski peluang di jaringan 5G mesti pending, hal itu rupanya enggak bikin PT MNC Investama Tbk. mengurungkan niat buat melirik peluang di jaringan tersebut lho. Berdasarkan data Bisnis, emiten dengan kode saham BHIT itu tetap berminat buat ikut menggelar 5G di Indonesia di pita 2,6 GHz.

Adapun, secara ekosistem nih, pita 2,6 GHz tersebut merupakan salah satu pita frekuensi yang paling banyak digunakan oleh negara-negara lain untuk menggelar 5G lho, Be-emers. Ekosistem di pita ini pun dinilai sudah cukup matang, selain pita 3,5 GHz. 

Lalu, apakah niatan BHIT buat menjajaki jaringan 5G bakal jadi sentimen yang cukup positif buat prospek kinerjanya?

Kalau kita lihat dari pergerakan sahamnya hingga di akhir perdagangan bursa, Jumat (29/1) lalu, BHIT berhasil berada di zona hijau dengan kenaikan saham hingga 1,92 persen nih.

Wah, mantaps!

Oh iya, selain BHIT, ada juga nih yang bikin heboh gara-gara berhasil cetak cuan.

Next, ke halaman berikutnya ya!