Mau Mulai Bisnis Franchise? Kenali Dulu Yuk Format dan Jenisnya!

Like

Franchise - Canva

Franchise - Canva

 

Franchise di Indonesia

Kalau menurut International Franchise Association (IFA) ada empat jenis franchise yang biasanya digunakan nih, Be-emers. Seperti franchise produk, manufacturing, business opportunity, dan Business Format Franchise.

Nah, gimana dengan jenis franchise yang ada di Indonesia?

Di Indonesia sendiri, ada berbagai franchise yang eksis. Mulai dari franchise brand luar negeri, hingga franchise produk UMKM. Sektornya juga beragam lho. seperti kuliner, hingga toko retail.

Baca Juga: Ini Dia 5 Peluang Usaha Franchise Modal Kecil Pasti Jalan

Dilansir dari Finansialku, franchise di Indonesia bisa diklasifikasikan menjadi tiga jenis nih, Be-emers. Klasifikasi tersebut antara lain:

1. Franchise Produk
Jenis franchise ini menawarkan berbagai produk untuk pelanggan. Misalnya, franchise produk kuliner dan pakaian.

Biasanya sih, jenis franchise ini menawarkan skema tersendiri nih, Be-emers. Enggak hanya produk dalam negeri, franchise ini pun bisa untuk produk luar negeri lho! Contohnya, McD, KFC, Kebab Turki, dan yang terbaru hadir di Indonesia yakni Taco Bell.


2. Franchise Jasa
Enggak cuma produk, franchise juga bisa menawarkan produk jasa lho, Be-emers. Misalnya, kayak franchise di sektor pendidikan, perawatan kecantikan, jasa logistik, dan agen perjalanan.

Jangan anggap franchise jasa minim cuan ya. Justru, franchise jasa seperti pengiriman logistik misalnya, bisa menguntungkan seiring dengan naiknya tren e-commerce nih.


3. Franchise Gabungan
Nah, franchise produk dan jasa juga bisa digabung kok! Jenis franchise ini benar-benar memanfaatkan peluang dari sisi jasa dan produk sekaligus.

Misalnya nih, ada franchise jasa perawatan kecantikan. Franchise tersebut bisa juga sekaligus menjual produk perawatan kepada konsumennya. Alhasil, cuannya juga bisa double deh.

Adapun, sebelum kamu memutuskan buat memilih jenis dan format franchise. sebaiknya kamu sesuaikan juga dengan minat dan riset tentang franchise itu sendiri ya!

Jadi, mau franchise apa nih yang bisa bikin kamu cuan, Be-emers?