Dapat Angpao Saat Imlek? Ini yang Perlu Kamu Lakukan Biar Tambah Cuan

Angpao - Canva

Angpao - Canva

Perayaan Imlek selalu ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Enggak hanya menyambut euforia tahun baru, perayaan Imlek juga identik banget sama tradisi bagi-bagi angpao nih.

Dalam kebudayaan Tionghoa, angpao (hong bao) merupakan sebuah bingkisan dalam amplop merah, yang biasanya berisi uang. Nah, angpao ini diberikan oleh orang yang sudah menikah kepada mereka yang masih lajang.

Hayooo.. Siapa yang pas Imlek kemarin dapat angpao paling banyak?

Buat kamu yang dapat banyak angpao, pasti senang banget nih. Eh, tapi sudah kepikiran mau dipakai untuk keperluan apa nantinya?

Memang sih, godaan terbesar pastinya adalah belanja, tapi sebaiknya kamu perlu mengatur terlebih dahulu angpao yang kamu dapat biar tambah cuan, Be-emers.

Baca Juga: Membaca Peluang Cuan dan Bisnis dari Karakteristik Tahun Kerbau Logam
 

Cek Kebutuhan Pengeluaran

Namanya tahun baru, pastinya kamu juga harus lebih bisa mengatur strategi dong biar cuan. 

Nah, sebelum kamu menggunakan angpao tersebut, menurut Branding and Communication Strategist MiPOWER by Sequis Ivan Christian Winatha, dikutip dari Bisnis, sebaiknya kamu telusuri dulu pengeluaran apa yang harus segera dibayar atau kebutuhan apa yang harus segera dipenuhi.

Bagi Ivan, angpao bukan sebagai dana untuk dihambur-hamburkan. Lebih dari itu, angpao bisa jadi dana tambahan untuk mencukupi kebutuhan saat ini atau masa depan.

Ivan juga menyarankan agar menggunakan prinsip Pareto atau 80:20. Jadi, 80 persen dari dana yang dimiliki untuk biaya hidup saat ini dan 20 persen untuk tabungan masa depan.

Misalnya, kamu bisa menggunakan angpao untuk melunasi cicilan kartu kredit, bayar tagihan, dan sebagainya. Walaupun enggak ada kebutuhan mendesak, kamu bisa menggunakan angpao tersebut sebagai tabungan, dana darurat, investasi, dan asuransi.

Cara Pareto itu juga dinilai paling mudah buat kamu yang yang mau mulai berbenah keuangan nih, Be-emers. Kamu perlu review lagi kebiasaan dalam pengeluaran, lalu pertimbangkan lagi deh apakah hal itu bisa kamu tunda, batalkan, atau kurangi.
 

Alokasikan ke Asuransi dan Investasi

Setelah kamu sudah tahu teori untuk mengelola angpao, sekarang kamu tinggal alokasikan nih uangnya. Ibarat lagi punya uang tambahan, enggak ada salahnya juga kamu mengalokasikan angpao kamu untuk asuransi lho.

Proteksi juga jadi bagian dari kebutuhan kamu di masa depan. Selain itu, asuransi juga bisa melindungi kondisi finansial kamu dari segala risiko tak terduga.

Selain itu, kalau menurut Wealth & Finance Coach Johny Gunawan, angpao Imlek bisa juga kamu manfaatkan untuk menciptakan kesempatan belajar investasi ke instrumen yang tepat.

Misalnya, kamu bisa mengalokasikan angpao tersebut untuk investasi di reksa dana pasar uang, emas, bahkan forex lho!

Meski begitu, kamu harus tetap melakukan riset terlebih dahulu soal investasi dan risikonya ya!

Jadi, sudah bikin anggaran dari angpao yang kamu terima belum nih, Be-emers?