Franchise Donat Amerika vs Donat Kentang Lokal, Mana yang Lebih Cuan?

Like

Krispy Kreme - Canva

Krispy Kreme - Canva


Eksistensi Krispy Kreme di Indonesia

Terkenal dengan “Si Ahlinya Donat Lembut”, eksistensi Krispy Kreme sudah dimulai sejak tahun 1933 lho, Be-emers!

Saat itu, Rudolph bersaudara bersama sang paman, Ishmael Armstrong mulai merintis usaha donat di sebuah toko kecil di Kentucky, Amerika Serikat. Keluarga itu menjual berbagai macam barang, termasuk donatnya yang menjadi cukup populer.

Kemudian, di tahun 1934, sang paman dan para keponakannya itu fokus ke penjualan donut andalan mereka dan memutuskan untuk buka gerai “The Krispy Kreme Doughnut Company” di Gallatin Road.

Logo Krispy Kreme pun dibuat oleh seorang arsitek lokal bernama Benny Dinkis. Penjualannya terus meningkat, Krispy Kreme pun mulai ekspansi bisnisnya dari tahun 1939.

Hingga di tahun 1976, Krispy Kreme Doughnut Corporation telah menjadi anak usaha yang sepenuhnya dimiliki oleh Beatrice Foods of Chicago, Illinois. Nah, dari sini lah, bisnis donat Krispy Kreme berkembang menjadi sebuah franchise dan tersebar di seluruh dunia.


 

Krispy Kreme - Canva

Krispy Kreme - Canva



Eksistensi Krispy Kreme pun merambah ke Indonesia. Di tahun 2006, perusahaan yang terkenal dengan menu donat gulanya itu membuka gerai pertama di Pondok Indah Mall 2.

PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI), lewat anak usahanya yakni PT MAP Boga Adiperkasa Tbk. (MAPB) menjadi pemegang lisensi resmi franchise Krispy Kreme di Indonesia. Krispy Kreme pun kini sudah punya lebih dari 20 gerai di Indonesia nih, Be-emers.

Nah, di tahun 2019 lalu, Krispy Kreme punya flagship store pertama di Indonesia lho! Terletak di kawasan Harapan Indah, Bekasi, flagship store yang mengadaptasi konsep factory store tersebut juga jadi yang pertama ada di dunia nih.

Soalnya, flagship store Krispy Kreme ini menyediakan teknologi Smart Kiosk, yang mana pelanggan bisa memilih sendiri jenis donat atau kopi yang diinginkan. Lewat flagship store ini, pengunjung jadi bisa langsung melihat proses pembuatan donat Krispy Kreme lewat Doughnuts Theater.

Adapun berdasarkan laporan keuangan MAPB, hingga kuartal ketiga 2020, MAPB mencatatkan rugi bersih mencapai Rp148,4 miliar nih, Be-emers. Padahal, di tahun 2019, MAPB berhasil cetak keuntungan hingga Rp105,1 miliar lho!

Kalau kamu, apa donat paling favorit yang pernah dicoba di Krispy Kreme?

Buat yang kepo sama donat kentang, yuk lanjut ke halaman berikutnya!