Cek Fakta: Benarkah pakai Kacamata Bisa Kurangi Risiko Penularan Covid-19?

Eyeglasses - Canva

Eyeglasses - Canva

Like

Katanya nih, orang yang pakai kacamata bisa tiga kali lebih kecil kemungkinannya untuk terinfeksi oleh virus Covid-19 lho!

Kamu percaya enggak?

Menurut sebuah penelitian dari India sih begitu, Be-emers. Soalnya, salah satu cara virus masuk ke tubuh kita adalah dengan menyentuh mata, hidung, atau mulut setelah bersentuhan nih.

Makanya, dikutip dari Bisnis, para peneliti di India mengatakan orang-orang yang memakai kacamata lebih jarang menggosok mata dan karenanya berisiko lebih rendah tertular Covid-19.

Baca Juga: Kacamata Anti Radiasi Komputer dan Manfaatnya


Dalam studi non-peer review yang dipublikasikan di situs medRxiv, para peneliti mempelajari 304 orang, dengan 223 pria dan 81 wanita, di sebuah rumah sakit di India utara selama dua minggu musim panas lalu.

Ternyata, para pasien berusia antara 10 dan 80 tahun, semuanya melaporkan gejala Covid-19. Para peneliti menemukan peserta menyentuh wajah mereka rata-rata hingga 23 kali setiap jam dan mata mereka rata-rata tiga kali per jam.

Nah, sedangkan 19 persen dari mereka mengatakan memakai kacamata. Dari situ lah, mereka menemukan risiko tertular Covid-19 dua hingga tiga kali lebih rendah di antara mereka yang memakai kacamata.

Adapun, dokter sebelumnya merekomendasi agar orang yang memakai lensa kontak beralih ke kacamata untuk menghindari kemungkinan penularan virus Covid-19 dari tangan ke mata.

Baca Juga: Raih Peluang Bisnis Lewat Industri Kacamata yang Masih Terbuka Lebar