Marak Password Sharing, Netflix Bakal Lakukan Hal Ini

Netflix - Canva

Netflix - Canva

Like

Siapa nih yang suka nonton Netflix pakai akun sharing? Hihi

Sejumlah platform streaming kayak Netflix, memang bisa digunakan oleh lebih dari satu orang dengan satu akun. Jadi, kamu bisa berbagi password dengan keluarga, teman, atau mungkin pacar kamu untuk bisa menikmati layanan Netflix dalam satu akun.

Di satu sisi, hal itu juga dimanfaatkan sama sejumlah orang atau pihak yang menjual-belikan akun Netflix dengan berbagi password. Ibaratnya sih, kita kayak menyewa akunnya untuk bisa menikmati layanan streaming Netflix tanpa perlu ribet membayar dengan kartu kredit.

Nah, share password akun Netflix ini ternyata mulai dipantau sama pihak Netflix sendiri lho, Be-emers!

Dilansir dari The Washington Post, saat ini Netflix lagi melakukan uji coba untuk membuat pesan “pop-up” buat memperingatkan orang-orang yang membagikan passwordnya. Pihak Netflix juga memastikan kalau kamu enggak sedang melakukan peretasan dan harus bayar pakai akun kamu sendiri nih, Be-emers!


Netflix pun menegaskan, kalau kamu enggak tinggal serumah dengan pemilik akun Netflix, kamu harus punya akun sendiri untuk tetap bisa menonton. Makanya, Netflix pun juga menawarkan layanan uji coba gratis saat kamu baru memulai registrasi akun.

Baca Juga: Adu Harga Provider Internet Buat Streaming Netflix, Mana yang Paling Asyik?
 

Dampak Pembatasan Berbagi Akun dan Password Netflix

Memang sih, membatasi orang buat berbagi akun bisa “memaksa” banyak orang untuk punya akun Netflix sendiri.

Meski begitu, hal ini juga dinilai bisa jadi bumerang buat Netflix, karena banyak orang juga kemungkinan akan berpaling ke platform streaming lain nih, Be-emers.

Seperti yang diketahui, Netflix juga bersaing ketat dengan sejumlah platform streaming kayak Hulu, HBO Max, Amazon Prime Video,serta pendatang baru seperti NBC's Peacock dan Disney Plus.

Juru bicara Netflix Ebony Turner mengatakan, tes tersebut bakal dirancang buat memastikan bahwa orang yang menggunakan akun Netflix, layak mendapatkan izin untuk berbagi password dan akunnya atau enggak. 

Jadi, nanti Netflix bakal memunculkan sebuah “tes” untuk meminta pengguna memverifikasi bahwa mereka adalah pemegang akun (atau anggota yang menggunakan kata sandi yang sama). Mereka bakal memasukkan kode verifikasi yang dapat dikirim melalui SMS atau email yang dikirim kepada mereka.

Kalau dilihat dari persyaratan dan ketentuan layanan Netflix, akun untuk penggunaan pribadi “tidak boleh dibagikan dengan orang di luar rumah Anda". Soalnya, Netflix punya opsi harga yang memungkinkan pelanggan untuk streaming di satu, dua, atau empat layar sekaligus. 

Adapun, dalam laporan pendapatan kuartal terakhir, Netflix tercatat telah punya lebih dari 200 juta pelanggan. Puncaknya saat awal pandemi, yang mana Netflix memperoleh 16 juta pelanggan di kuartal yang berakhir pada Maret 2020 dan 10 juta pelanggan baru lainnya di periode berikutnya.

Kamu setuju enggak nih dengan kebijakan dari Netflix tersebut?

Baca Juga: Intip Nurflix, Netflix Halal dari Negeri Jiran