Bijak Dalam Mengatur Keuangan Di Era Pandemi Covid-19

Hemat dalam mengatur keuangan, maka sejahteralah kehidupan

Hemat dalam mengatur keuangan, maka sejahteralah kehidupan

Like
Sebelum era Pandemi Virus Corona, atau lebih dikenal dengan Covid-19, melanda negara-negara dunia yang menyebabkan perekonomian sebagian negara lumpuh tersebut , perekonomian baik-baik saja dan terlebih normal seperti biasa. Tetapi semua itu berubah tatkala virus Covid-19 melanda dunia yang menyebabkan runtuh nya perekonomian.

Hal tersebut juga menyebabkan banyak perusahaan yang melakukan PHK terhadap karyawannya guna mengurangi angka kerugian, yang mengharuskan perusahaan tetap jalan dan menggaji pegawai, tetapi produksi diharuskan berhenti sementara.

Maka dari itu, kita harus bijak-bijaklah dalam mengatur keuangan agar tidak terjadi krisis keuangan pada diri kita masing-masing. Kebijakan yang mengharuskan kita untuk melakukan kegiatan ibadah, bekerja, belajar dari rumah pun harus kita lakukan demi mencegah penyebaran virus Covid-19 lebih luas. 

Bagi sebagian orang yang belum/tidak terbiasa dengan melakukan kegiatan di rumah saja pun merasa aneh, karena mereka merasakan kesepian, kebosanan, dan merasa hidupnya tidak bahagia karena harus menerapkan social distancing. 

Nah, ini ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk keuangan kita tidak semakin memburuk/mengalami krisis keuangan :
  1. Biasakan untuk berhemat. 
  2. Biasakan untuk menabung. 
  3. Tunda untuk melakukan Travelling/liburan (bagi yang suka traveling) 
  4. Gunakan uang untuk hal hal yang kita anggap penting/kita butuhkan. 
  5. Biasakan untuk bersedekah. 
  6. Gunakan uang secukupnya tidak perlu membeli barang-barang mewah terlebih dahulu. 
  7. Ubah kebiasaan kita yang suka boros menjadi lebih hemat. 
Itulah bebarapa pandangan saya dalam menyikapi keuangan di era pandemi virus Corona atau lebih dikenal dengan Covid-19. Tetap semangat, tidak boleh bersedih/insecure, dan jangan lupa untuk berhemat dan bijak dalam mengeluarkan keuangan agar tidak terjadi krisis keuangan.