Mau Cuan dari NFT? Begini Tips untuk Para Seniman

Artist - Canva

Artist - Canva

Like

Beberapa waktu belakangan ini, viral sejumlah karya seni dan barang unik lainnya yang laku terjual dengan harga yang luar biasa. Yang jadi tren, barang-barang seni tersebut dibeli kepemilikannya melalui NFT dalam blockchain!

Dalam blockchain, Non-Fungible Token merupakan salah satu token yang ada dalam teknologi blockchain. Buat yang belum tahu, blockchain itu kayak buku kas dari induk bank yang isinya berupa data transaksi nasabah gitu, Be-emers.

Baca Juga: Jadi Salah Satu yang Terbaik di Teknologi Blockchain, Apa Itu NFT?

Saking jadi tren, dalam 30 hari terakhir, NFT senilai lebih dari US$100 juta tercatat telah laku terjual. Dari data Entrepreneur, sejak 2020, industri tersebut telah tumbuh hingga lebih dari 300 persen lho!

Hal itu pun memicu para artis alias seniman dan pelaku industri kreatif untuk meraup cuan lewat penjualan karya seni melalui NFT nih, Be-emers.


Meski lagi hype banget, kamu juga perlu tahu dan memahami dulu landscape dari industri tersebut lho. Enggak hanya itu, kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara NFT bisa memberikan peluang terbaik untuk kamu sebagai seorang seniman.

Nah, dikutip dari Bisnis, ada sejumlah tips nih untuk kamu yang mungkin tertarik untuk mendapatkan cuan dengan NFT.

Baca Juga: Viral Meme Nyan Cat Laku Hingga Ratusan Ribu Dolar! Kok Bisa Sih?

 

Manfaatkan Komunitas

Biar kamu enggak pusing sendiri dan bingung mau mulainya, kamu bisa coba untuk memanfaatkan komunitas NFT, terutama komunitas para seniman yang menggunakan NFT.

Kamu bisa menemukannya di Telegram hingga platform Clubhouse lho! Bahkan, di Twitter juga ada kok komunitas yang isinya para calon artis NFT.

Di sana, kamu dan teman-teman seniman lainnya bisa saling terhubung dan mendapatkan insights dari seniman yang sudah berpengalaman dalam NFT. Selain itu, kamu juga bisa kok, mengikuti seniman favoritmu dan memperhatikan aktivitas komunitas.
 

Tetap Otentik

Meski lagi hype, kamu jangan lupa, industri NFT ini juga sekaligus melahirkan seniman-seniman berbakat yang bahan belum ditemukan di seluruh dunia. Makanya, industri ini pun bisa jadi lebih kompetitif lho, Be-emers.

Seniman NFT, ThankYouX, mengatakan bahwa ada platform yang bisa memungkinkan kamu untuk membuat daftar karya seni secara instan dan kompetitif. Makanya, karya kamu harus tetap otentik ya supaya bisa bersaing secara sehat dengan seniman lainnya.
 

Pasarkan Diri dan Karya

Namanya juga cari cuan, karya seni juga perlu dipromosikan dan dipasarkan dengan baik lho, Be-emers. Soalnya, seorang seniman juga pasti punya pengagum alias fans atau orang yang mencintai karyanya.

Misalnya nih, seniman NFT bernama Beeple, diketahui sering berinteraksi dengan penggemar mereka di Twitter dan media sosial lainnya.

Jadi, saat kamu menjalin komunikasi dengan penggemar atau pecinta seni, kamu bakal semakin gampang buat menjual karya kamu. Soalnya, kamu perlu menyadari, proses pembelian itu enggak hanya menghargai sebuah karya seni, tapi juga menghargai seniman di balik karya tersebut.


Tertarik buat cuan dan jual hasil karya kamu lewat NFT? Atau ada yang sudah pernah mencobanya? Share di kolom komentar ya!