Pemilik Aplikasi Saham IPOT Disanksi Bursa, Ada Apa Ya?

Shock - Canva

Shock - Canva

Like

Ada banyak pilihan aplikasi saham yang bisa dimanfaatkan untuk membantu kamu dalam berinvestasi di bursa.

Biasanya, dalam aplikasi saham, terdapat sejumlah data yang bisa membantu kamu dalam menganalisis saham. Mulai dari data transaksi, charting, kinerja emiten, dan sebagainya.

Sayangnya, beberapa waktu lalu, salah satu pemilik aplikasi saham justru kena sanksi dari bursa nih, Be-emers! Ada apa ya?

Dilansir dari Bisnis, pemilik aplikasi saham IPOT, yakni PT Indo Premier Sekuritas dikabarkan mendapat sanksi dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Dipublikasikan pada Selasa (16/3), lewat surat nomor Peng-00010/BEI.ANG/02-2021, Indo Premier mendapatkan sanksi teguran tertulis.

Menurut Direktur BEI Kristian S. Manullang, sanksi teguran tertulis tersebut berdasarkan pemeriksaan transaksi di bursa untuk tahun buku 2020.


Jadi, pihak BEI mengetahui adanya pelaksanaan kegiatan transaksi marjin PT Indo Premier Sekuritas yang belum sesuai dengan ketentuan terkait Transaksi Marjin dan atau Short Selling.

Kalau diingat, beberapa waktu terakhir, transaksi short selling dan margin sempat menjadi sorotan nih. Bahkan, aksi tersebut sempat dituding jadi penyebab terjunnya performa Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) lho!

Baca Juga: Aplikasi Trading Ini Jadi yang Terbaik Versi Global Banking & Finance Review, Apa Aja Keunggulannya?
 

Kinerja Indo Premier

Eksis sejak 2002, dilansir dari laman resminya, IndoPremier Sekuritas atau yang biasa dikenal dengan Indo Premier merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan yang terintegrasi di pasar modal.

Sudah resmi dan berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK), IndoPremier bisa dibilang sudah menjadi pelopor berbagai bidang usaha efek di Indonesia. Hingga Desember 2019, kapitalisasi modal IndoPremier sudah tercatat lebih dari Rp1,5 triliun.

IndoPremier ini punya sejumlah kegiatan bisnis, yakni kegiatan bisnis nasabah institusi, nasabah individu, dan Exchange Traded Fund (ETF)/Manajemen Investasi.

Selain itu, berdasarkan data Bisnis, IndoPremier juga punya aplikasi online trading. Bahkan, di pertengahan tahun 2020 lalu, aplikasi yang bernama IPOT tersebut versinya telah diperbaharui.

Diketahui, aplikasi IPOT tersebut punya sejumlah fitur yang enggak ada di versi dekstop. Fitur tersebut antara lain:
  • Robo trading lengkap
  • Charting
  • Transaksi dimanapun dan berapapun
  • Berita lengkap dan hasil riset yang mendalam
  • Laporan transaksi dan gain/loss tanpa batas
  • Edukasi terintegrasi
  • Customized display


Nah, kalau kamu pakai aplikasi saham apa nih, Be-emers?