Cari Asuransi Mobil yang Tepat? Ini 5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan

Car Insurance - Canva

Car Insurance - Canva

Saat kamu memutuskan untuk punya mobil pribadi, saat itu juga kamu harus memikirkan masalah asuransinya nih, Be-emers. Di satu sisi, memilih asuransi yang tepat untuk mobil kamu juga penting lho.

Dengan adanya asuransi mobil, kamu dapat terlindungi dari kerugian finansial saat mengalami kecelakaan atau bahkan kehilangan.

Nah, berdasarkan data Dewan Riset Asuransi, sekitar 87 persen pengemudi punya beberapa jenis perlindungan asuransi. Bahkan, hasil studi AAA memprediksi kalau para pengemudi rata-rata menghabiskan sekitar US$1.202 per tahun untuk asuransi mobil lho, Be-emers.

Nah, lalu gimana cara memilih asuransi mobil yang tepat? Dikutip dari Fox Business, ini lima cara yang bisa kamu lakukan saat ingin memilih asuransi mobil.

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Perhatikan Hal Ini Sebelum Punya Asuransi Kendaraan
 

Pilih dengan Harga yang Tepat

Sebenarnya, apa yang dibayarkan untuk asuransi mobil sebagian besar didasarkan pada riwayat mengemudi lho. Misalnya, sering melanggar peraturan lalu lintas atau bahkan pernah mengalami kecelakaan atau enggak.

Soalnya, bisa jadi, tarif untuk asuransi mobil kamu lebih tinggi jika kamu mengalami kecelakaan, yang notabene mengharuskan kamu untuk mengajukan klaim asuransi mobil. Selain itu, premi asuransi mobil Anda juga dapat meningkat jika kamu memiliki poin atau catatan pelanggaran lalu lintas lho, Be-emers.

Makanya, menemukan perusahaan asuransi mobil yang tepat dengan harga asuransi mobil terbaik adalah suatu keharusan untuk menghemat uang. Kamu pun bisa membandingkan sejumlah tarif dan temukan paket asuransi mobil yang tepat.
 

Coba Lihat Peluang dari Multi-polis

Ada kemungkinan kamu mendapatkan diskon asuransi mobil jika Anda menggabungkan beberapa polis menjadi satu. Soalnya, perusahaan asuransi bisa saja menawarkan diskon multi-polis kalau kamu punya lebih dari satu jenis polis asuransi lho.

Namun, kamu enggak punya rumah, kamu mungkin masih bisa mengurangi biaya asuransi mobil dengan menggabungkannya dengan jenis polis lain. Misalnya, kamu mungkin bisa menggabungkan perlindungan asuransi mobil dengan asuransi jiwa.

Bahkan, kamu bisa melakukan proteksi sekaligus investasi dengan memilih asuransi unit-link.

Baca Juga: Dinilai Lebih Unggul, Apa Itu Asuransi Unit Link?
 

Pertimbangkan Sertifikasi Mengemudi yang Aman

Banyak perusahaan asuransi mobil menawarkan diskon berkendara yang aman atau mengemudi defensif jika riwayat mengemudi kamu baik lho.

Memang sih, diskon asuransi yang dapat kamu klaim bisa bergantung pada perusahaan asuransi dan persyaratan polis asuransi mobil itu sendiri. Namun, kamu bisa kok menghemat mulai dari 5 hingga 20 persen dengan cara ini.

Di satu sisi, yang perlu kamu perhatikan yakni pertimbangan biaya mengemudi dengan aman atau sertifikasi mengemudi defensif. Kalau cara mengemudi kamu sudah cukup baik, kemungkinan kecelakaan pun juga kecil.
 

Hubungi Perusahaan Asuransi

Cara paling efektif untuk menghemat uang asuransi mobil mungkin dengan bertanya kepada perusahaan asuransi, opsi apa yang tersedia.

Misalnya nih, kamu mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan diskon pengemudi yang aman jika kamu punya polis selama beberapa waktu dan enggak pernah mengajukan klaim asuransi mobil.

Selain itu, diskon juga mungkin tersedia jika kamu punya lebih dari satu kendaraan pada polis asuransi mobil.
 

Pilih dengan Hati-hati

Membayar lebih sedikit untuk asuransi mobil bisa berarti menghemat uang. Namun, pertimbangkan lagi apa yang mungkin terjadi.

Daripada melepaskan perlindungan asuransi mobil penuh untuk menghemat uang, kamu mungkin lebih baik menaikkan deductible daripada harus menurunkan biaya premi lho, Be-emers.

Selain itu, penting banget untuk kamu mempertimbangkan reputasi perusahaan asuransi ya! Meski yang murah lebih menarik, tapi rekam jejak perusahaan asuransi dalam menangani permasalahan juga perlu diperhatikan.

Soalnya, reputasi perusahaan asuransi juga bisa menjadi cerminan kepercayaan dari para nasabah. Kamu juga bisa melihat dari risk based capital (RBC), yang mana merupakan rasio solvabilitas yang menunjukkan kesehatan keuangan perusahaan asuransi.

Jadi, kalau RBC-nya makin besar, makin sehat pula kondisi keuangan perusahaan asuransi tersebut. Makanya, perusahaan asuransi dengan RBC bisa kamu pertimbangkan untuk dipilih.