Apartemen VS Rumah, Kamu Pilih yang Mana?

Sumber Gambar : Canva

Sumber Gambar : Canva

Like

Membeli sebuah properti tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga sebelum melakukan pembelian pastinya akan memikirkannya dengan matang.

Karena itu terlebih dahulu kamu perlu mempertimbangkan hal-hal seperti lokasi yang sesuai dan daerah dari tempat tinggal yang diinginkannya. 

Semua orang tentu ingin memiliki hunian impiannya sendiri baik itu hunian seperti apartemen atau rumah. Mungkin di jaman dahulu orang tentu lebih menginginkan memiliki rumah dibandingkan beberapa jenis tempat tinggal lainnya. 

Namun, semakin banyaknya jenis tempat tinggal baru yang lebih modern muncul membuat beberapa orang mulai melirik tempat tinggal lainnya untuk menambah pengalaman baru serta tempat tinggal yang lebih nyaman.

Memilih tinggal di rumah tapak atau apartemen masing-masing memiliki untung rugi. Bila kamu pilih membeli rumah tapak, misalnya, kamu akan diuntungkan dari segi kepemilikan yang selamanya.


Selain itu, kamu berkesempatan memiliki tanahnya. Namun, kekurangannya, lokasi biasanya jauh untuk harga yang terjangkau. 

Sedang apartemen, memang jauh lebih praktis karena biasanya sudah dibangun sekalian dengan berbagai fasilitas umum yang lengkap. Lokasinya pun bisa lebih dekat ke pusat kota.

Namun, dari segi kepemilikan kamu perlu memahami bedanya dengan rumah tapak. Begitu juga masalah pajak dan biaya-biaya lain, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal berikut ini.

Baca Juga: Beli atau Sewa Rumah, Pilih Mana?
 

Apartment VS Rumah 

  • Kepemlikan Unit
Apartment : Hak guna bangun berlaku 20 tahun
Rumah : Sertifikat Hak Milik (SHM) selamanya
  • Lokasi
Apartment : Biasanya berada di tengah perkotaan dan dekat moda transportasi umum
Rumah : Biasanya terletak di pinggir kota dengan harga yang lebih murah
  • Lingkungan 
Apartment : Sulit bersosialisi dengan tetangga karena kepemilikannya berganti
Rumah : Privasi rumah terjaga dan mudah bersosialisasi dengan lingkungan
  • Keamanan dan Kenyamanan
Apartment : Developer menangani pemeliharaan unit, air dan cctv
Rumah : Tanggung jawab ada pada masing-masing rumah
  • Harga
Apartment : Relatif lebih murah
Rumah : Relatif lebih mahal apabila ditengah kota

Tentunya saat kita memiliki sebuah aset atau property, memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. Kembali lagi ke kebutuhan seseorang dalam memiliki aset tersebut.

Baca Juga: Kaum Milenial Mending Beli Rumah atau Mobil dulu ? Intip Pertimbangannya di Sini