Twitter Diskusikan untuk Ambil Alih Clubhouse Senilai US$ 4 Miliar?

Twitter Diskusi Ambil Alih Clubhouse - Canva

Twitter Diskusi Ambil Alih Clubhouse - Canva

Seperti yang kita ketahui, aplikasi audio Clubhouse menjadi booming sejak awal 2021. Menariknya, Twitter dikabarkan tertarik untuk mengambil alih Clubhouse lho, Be-emers!

Diketahui dari Bloomberg, Twitter lagi membahas potensi valuasi sekitar US$ 4 miliar untuk Clubhouse nih. Waw!

Meski begitu, hingga saat ini, juru bicara Twitter menolak berkomentar. Begitu juga dengan perwakilan Clubhouse, yang diketahui enggak segera menanggapi permintaan untuk memberikan komentar.’

Baca Juga: Social Media Baru Clubhouse, Apa yang Membuatnya Viral?
 

Clubhouse yang Mencari Pendanaan dan Mencuri Perhatian

Awal April 2021, Bloomberg News melaporkan bahwa Clubhouse sedang dalam pembicaraan untuk mengumpulkan dana dari investor dalam satu putaran valuasi bisnis, yakni sekitar US$ 4 miliar.

Nah, pembicaraan Clubhouse dengan Twitter sebenarnya sedang berhenti. Makanya, Clubhouse mulai mencari tahu apakah masuk akal untuk mengumpulkan pembiayaan berdasarkan penilaian itu.

Jika dilihat-lihat, Clubhouse baru berusia satu tahun. Namun, aplikasi yang memungkinkan pengguna menyelenggarakan acara radio online ini telah menarik banyak pihak dari beberapa nama terbesar dalam dunia bisnis hingga Hollywood.

Bahkan, fenomena Clubhouse bikin sejumlah perusahaan media sosial yang sudah mapan mulai mengerjakan versi Clubhouse mereka sendiri. Salah satunya, yakni Twitter.

Twitter memiliki fitur serupa Clubhouse yang disebut sebagai Spaces. Fitur yang dirilis sejak akhir 2020 itu diketahui masih dalam bentuk beta dan enggak semua pengguna bisa membuat atau menyelenggarakan diskusi publik kayak Clubhouse.

 

Clubhouse - Pinterest

Clubhouse - Pinterest


Menurut Chief Executive Officer Twitter Jack Dorsey, ia cukup optimis soal potensi audio sebagai cara baru bagi orang-orang untuk berinteraksi di Twitter. Terlebih, sebenarnya Twitter sudah lama bertaruh pada konten langsung melalui kesepakatan kemitraan dan akuisisi lho.

Selain itu, Head of Revenue Product Twitter Bruce Falck mengatakan pihaknya sedang mempertimbangkan cara untuk memonetisasi Spaces. Namun, diskusi tersebut masih dalam tahap yang sangat awal.

Adapun, enggak cuma Twitter yang mulai concern dan kena “demam” Clubhouse, platform media sosial lain kayak Facebook Inc. LinkedIn, hingga Slack Technologies Inc. dari Microsoft Corp. juga mengatakan sedang mengerjakan fitur serupa untuk jaringan mereka nih, Be-emers.

Baca Juga: Saingi Clubhouse, Spotify Akuisisi Platform Audio Locker Room