Laba Naik, ANTM Konsisten Bagi Dividen 35 persen, Berapa Dapatnya?

PT. Aneka Tambang Tbk. ( Sumber : google )

PT. Aneka Tambang Tbk. ( Sumber : google )

Pembagian dividen menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu oleh para investor. Para investor telah bersiap menyambut musim pembagian dividen di tahun 2021 ini. 

Bulan April 2021 ini, sudah ada 12 perusahaan yang mencatatkan jadwal untuk pembagian dividen nya. Baru-baru ini, PT. Aneka Tambang juga menyatakan akan segera membagikan dividen kepada para pemegang sahamnya.
 

Mengenai PT. Antam Tbk.

Seperti yang diketahui, PT. Aneka Tambang Tbk. atau biasa dikenal Antam merupakan perusahaan yang kegiatan utamanya bergerak dibidang pertambangan sumber daya mineral.

Perusahaan yang berdiri pada 5 juli 1968 ini merupakan gabungan dari beberapa perusahaan tambang milik negara sehingga menjadi perseroan terbatas. Produk Antam tak hanya beredar di dalam negeri, namun juga diekspor ke pasar Asia dan Eropa.

Mulanya milik pemerintah, Antam (ANTM) kemudian melakukan Initial Public Offering (IPO) di lantai bursa pada tahun 1997 dengan menjual 35 persen sahamnya kepada publik. Harga saham antam saat itu sebesar Rp.1.400 per lembar saham.

Antam sendiri termasuk salah satu perusahaan yang giat membagikan dividen kepada pemegang sahamnya. Meski mereka pernah absen membagikan dividen pendapatan pada buku tahun 2014 hingga 2016 akibat mengalami kerugian pasca peraturan ekspor diperketat.

Tahun berikutnya, kondisi Antam sudah lebih baik. Sehingga pada 2018 Antam akhirnya membagikan dividen kepada investornya sebesar 35 persen dari laba bersih yang didapat pada tahun 2017 yang berjumlah Rp. 47,7 miliar.

Baca Juga: ANTM dan TINS Masuk Rantai Produksi Tesla, Gimana Prospeknya?
 

Berapa Besaran Dividen?

Tahun ini, PT. Aneka Tambang Tbk. atau ANTM akan kembali memberikan dividen kepada para pemegang sahamnya sebesar 35 persen dari keseluruhan laba bersih yang didapat pada tahun 2020. 

Keputusan tersebut telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang telah berlangsung pada Rabu 4 April lalu. Sehingga sudah dipastikan bahwa ANTM akan segera bagi cuan.

Dividend Payout Ratio (DPR) itu konsisten dari tahun ke tahun. Dimana sejak 2 tahun lalu, ANTM juga memberikan pemegang sahamnya besaran yang sama. Akan tetapi, tahun 2020 laba bersih ANTM diketahui melejit dibandingkan tahun sebelumnya. 

Dimana terdapat peningkatan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada investor sebesar 492,87 persen dari Rp. 193,85 miliar di 2019 menjadi Rp. 1,15 triliun pada 2020 dikutip dari Kontan. 

Perolehan angka yang fantastis tersebut tentu mempengaruhi earning per share (EPS) saham berkode ANTM itu. Pemegang saham akan menerima sebesar Rp. 16,73 per lembar saham, mengingat bahwa saat ini jumlah saham ANTM sebanyak 24,03 miliar lembar.

Tanggal pengumuman pembagian dividen ANTM sendiri belum ditetapkan. Oleh karena itu, bila anda tertarik untuk mendapat dividen dari emiten ANTM, segera beli sebelum cum date!

Baca Juga: Mengenal Istilah Dividend Trap, Benarkah Merugikan? Begini Penjelasannya