Bitcoin dan Teman-Temannya Makin Populer, Pemerintah Makin Serius Bikin Bursa Kripto

Bursa Kripto Illustration Web Bisnis Muda

Bursa Kripto Illustration Web Bisnis Muda

Like

Aset Cryptocurrency seperti Bitcoin, Ethereum, hingga Dogecoin memang lagi mencapai popularitasnya nih, Be-emers. Seiring dengan hal itu, pemerintah Indonesia juga kabarnya makin serius nih buat bikin bursa kripto.

Sesuai namanya, bursa kripto merupakan bursa yang memperdagangkan aset cryptocurrency seperti Bitcoin, Ethereum, dan teman-temannya. Bursa tersebut dibuat seiring dengan aset kripto yang kini mendapat banyak sorotan.

Enggak cuma harga aset kripto yang lagi naik, peminat aset kripto di dalam negeri juga cukup banyak. Bahkan, sejak awal 2019, diketahui peminat aset kripto di Indonesia sudah mencapai sekitar 1,5 hingga 2 juta yang aktif bertransaksi.

Di satu sisi, dilansir dari Bisnis, keseriusan pemerintah dalam menciptakan bursa kripto terlihat dari seriusnya pengembangan pengaturan pasar komoditas. Tentunya, terutama yang berkaitan sama perdagangan aset kripto.

Baca Juga: Coinbase: Startup Cryptocurrency yang Viral dan Baru IPO, Pilih Beli Sahamnya atau Bitcoin?


Menurut Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, saat ini pengembangan pasar komoditas kian kompleks. Apalagi, pertumbuhan aset kripto makin cepat.

Sehingga, hal itu pun menuntut kehadiran adanya sebuah regulasi beserta lembaga yang menaunginya. Jerry juga menyebutkan kalau pihak Kemendag juga tengah berkoordinasi secara intens dengan kementerian dan lembaga terkait lainnya.

Saat ini, diketahui Kemendag lagi berkoordinasi sih sama Kemenkeu terkait Omnibus Law jasa keuangan, khususnya industri keuangan baru yang berbasis digital. Enggak hanya itu, kedua kementerian tersebut juga mendiskusikan pengembangan produk derivatif dan pengaturan pasar komoditas.

Selama ini, pasar komoditas dan derivasinya mengacu pada UU yang berada di bawah Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Keuangan.

Adapun rencananya, menurut Kepala Bappebti, bursa kripto di Indonesia akan hadir pada semester kedua tahun 2021 ini lho! Hal itu pun disambut baik sama para pelaku pasar.

Merespon kabar baik tersebut, Komisaris Utama PT HFX Internasional Berjangka Sutopo Widodo menilai kalau sebaiknya bursa kripto yang tengah dibentuk itu tak hanya sekadar melakukan pencatatan perdagangan, melainkan dapat memfasilitasi likuiditas perdagangan untuk para pedagang kripto. 

Gimana, kamu sudah siap untuk menyambut bursa kripto?

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Cryptocurrency dan Jenis-Jenisnya