Pesan Warren Buffett Untuk Investor Saat Pasar Modal Runtuh (Part 1)

Pesan Warren Buffett (CNBC)

Pesan Warren Buffett (CNBC)

Like

Kesabaran dan prinsip Warren Buffett yang melegenda telah membantunya menjadi salah satu investor terbaik dunia, dengan kekayaan senilai $40 miliar yang semuanya diperoleh hanya dengan mengandalkan keahlian di pasar modal. Namun, petunjuk apakah yang dia lihat yang orang lain tidak lihat? Dan yang paling penting, apa yang dapat Anda lakukan untuk mengikuti jejak Warren Buffett menuju kesuksesan finansial dan investasi?. Dibawah ini akan saya uraikan beberapa pesan WB untuk kalian para pembaca setia.
 

BERSABARLAH

          “Berpikirlah untuk 10 tahun mendatang dan bukan untuk 10 menit ke depan, saran Buffet. Jika Anda tidak siap memegang saham tertentu selama satu dekade, lebih baik jangan pernah membeli saham tersebut”

Ketika Warren Buffett berusia 11 tahun, dia melakukan pembelian sahamnya yang pertama: tiga saham Cities Service Preferred seharga $38 per lembar. Tidak lama setelah itu, dia menjual ketiga sahamnya ketika harga menyentuh $40, memberinya laba bersih sebesar $5. Beberapa tahun kemudian , saham yang sama ini dijual seharga 200 dollar per lembar. Warren Buffett telah belajar sejak awal mengenai pentingnya kesabaran dalam berinvestasi.

Warren Buffett adalah pelaku transaksi perdekade bukan pelaku transaksi harian. Filosofi Warren Buffett didasarkan pada kesabaran dan pengamatan jangka panjang. Sebuah skema menjadi kaya secara perlahan yang terbukti ampuh.

Pelaku transaksi harian/trader suka melemparkan saham mereka setelah beberapa minggu atau bahkan dalam beberapa hari. Warren Buffett mempertahankansaham selama beberapa tahun behkan sampai beberapa dekade. Warren Buffett mendeskripsikan pasar saham sebagai pusat relokasi – sarana memindahkan uang dari orang yang tidak  sabaran ke orang-orang yang sabar.

Perlu diingat bahwa beberapa pasar benar-benar bermusuhan dengan pihak yang suka keluar-masuk, dan cukup ramah terhadap pihak yang suka membeli dan mempertahankannya. Orang-orang yang bermain-main di pasar menghabiskan banyak waktu dan uang dan mereka kehilangan momen kenaikan. Oleh karena itu pasar modal yang turun adalah suatu hal yang sangat jarang terjadi dan ini merupakan suatu momen penting.

Charlie Munger, partner bisnis Warren Buffett selama bertahun-tahun, menyampaikan pandangan Warren Buffett mengenai perlunya kesabaran dengan cara yang lebih langsung ke inti masalah:”Investasi adalah dimana Anda menemukan beberapa perusahaan yang bagus kemudian berdiam diri saja” Dia menambahkan:”Terlalu banyak tingkah dalam berinvestasi adalah sebuah kesalahan. Kesabaran adalah bagian dari permainan”.


Tentu saja tidak mudah untuk bersabar, tetapi memiliki temperamen yang tepat merupakan komponen yang benar-benar penting dalam melakukan investasi nilai. Ketika berinvestasi, anggaplah diri anda sebagai penduduk, bukan sebagai wisatawan.

Berikut beberapa pesan langsung dari aturan main Berkshire Hathway milik Warren Buffett :
  • Patuhi saran Charlie Murger. Duduk diamlah. Aktivitas tidak sama dengan prestasi. Ketika berbicara mengenai investasi, ketidakpastianlah yang diutamakan.
  • Belilah hanya saham yang tidak akan Anda perjual-belikan selama lima tahun atau lebih. Ketika membeli saham, bersikaplah seolah-olah bursa akan tutup selama lima tahun mendatang dan anda tidak dapat menjual saham. Hal ini memaksa anda untuk menggunakan pengamatan jangka panjang.
  • Ingatlah bahwa “waktu adalah sahabat bisnis yang hebat”. Jangan memeriksa investasi anda setiap hari atau setiap minggu, ingatlah bahwa semua saham akan naik turun. Lebih baik gunakan waktu anda untuk mengamati kinerja bisnis dan bukan kinerja harga saham