Kawula Muda Terbelenggu Gaya Hidup Ketika Ingin Investasi

(Sumber gambar : kaskus.com dan marketbisnis.com)

(Sumber gambar : kaskus.com dan marketbisnis.com)

Like

Investasi merupakan salah satu langkah yang tepat untuk mengelola keuangan yang kita miliki. Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan berinvestasi uang atau aset yang kita miliki akan terus bertambah nilainya sesuai dengan jenis investasi yang dipilih.

Saat ini investasi sangat digandrungi oleh kawula muda berusia antara 18 - 25 tahun, banyak diantara mereka yang memiliki asumsi bahwa investasi merupakan salah satu jalan cepat menuju kesuksesan. Namun yang perlu kita sadari adalah tidak seluruh kawula muda memiliki kesadaran yang lebih tentang pentingnya berinvestasi. 

Banyak hal yang melatarbelakangi mengapa kawula muda belum memulai investasi, mulai dari ketidakmampuan dalam mengelola keuangan pribadi dengan baik, kemudian ketidakpahaman tentang keuntungan yang akan didapat dengan bernvestasi. Satu hal terbesar dewasa ini alasan kenapa kaula muda masih ada yang tdak berinvestasi adalah banyak dari mereka terbelenggu dalam gaya hidup yang berlebihan.

Hal ini tentu menyebabkan kawula muda selalu berusaha memenuhi keinginan yang mereka miliki padahal seyogianya keinginan manusia itu tidak terbatas. setiap hari, bahkan setiap saat kita memiliki keinginan, ketika satu keinginan terpenuhi maka akan muncul keinginan lainnya.

Berbicara gaya hidup maka memiliki kaitan yang kuat dengan gengsi, oleh karenanya ketika kawula muda tidak memenuhi gaya hidup mereka maka akan timbul rasa khawatir diiringi rasa cemas bahwa mereka tidak akan dihargai, dicemooh, dan akan dijauhi oleh lingkungannya. Padahal keadaan seperti ini tidak sewajarnya terjadi jika kita memiliki pola pikir yang lebih terbuka (open minded), gaya hidup bukanlah segalanya, gaya hidup jika terlampau berlebihan untuk dipenuhi sifatnya hanya kepuasaan sementara.

Gengsi tak akan membuat dirimu kaya, justru membuat dirimu merana


Saat ini banyak sekali kawula muda yang menghabiskan seluruh uang atau aset yang dimiliki hanya untuk hiburan semata seperti liburan keluar negeri, makan di restoran mewah, membeli barang-barang bermerk dan lain sebagainya. Semua ini dilakukan hanya untuk dipandang lebih superior dari segi kelas sosial maupun ekonomi, tak ayal terkadang sebagian kaula muda terkesan memaksa untuk memenuhi semuanya.


Padahal faktanya penghasilan, uang, atau aset yang dimiliki lebih kecil dibanding dengan kebutuhan yang harus dipenuhi sehingga terjadilah defisit. Demi menutupi kekurangan biaya akibat biaya hidup tersebut, banyak kawula muda yang rela untuk menggunakan kartu kredit maupun meminjam pinjaman uang dari lembaga pinjaman uang. Akibat kondisi tersebut, sebagian dari mereka tidak mampu membayar sehingga menyebabkan banyaknya kasus bunuh diri kawula muda akibat terlilit hutang yang banyak

Hidup Sederhana Tanpa Hutang, lebih mendamaikan Daripada Keliatan Kaya Tapi Banyak Hutang


Dengan kondisi yang demikian sudah sepatutnya kita sebagai kawula muda harus memikirkan setiap langkah yang diambil, apakah akan berdampak baik atau akan berdampak buruk kedepannya karena setiap keputudan yang kita ambil akan berpengaruh terhdap roda kehidupan kita masing - masing. Sekarang sudah saatnya kita sebagai kawula muda harus bijak dalam pengelolan keuangan pribadi sehingga keinginan untuk sukses dihari esok dapat tercapai dengan baik dan terencana.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk berinvestasi terhadap uang atau aset yang dimiliki, bagi kawula muda yang belum mengetahui bagaimana cara berinvestasi, dengan kecanggihan teknologi informasi yang berkembang pesat, kawula muda bisa mengakses dengan gampang info seputar investasi seperti  investasi saham,  investasi deposito, investasi emas dan lain sebagainya. 

Jika kita mampu mengawali investasi yang dipilih dengan baik, maka dari itu kita akan memperloeh keuntungan yang terus belipat ganda. Apabila investasi yang kita miliki mampu menghasilkan sebuah lapangan perkejaan contohnya dengan berinvestasi pada sektor bisnis, maka kita turut menjaga kestabilan perekonomian bangsa kita sendiri dan tentunya mengurangi pengangguran yang ada. 

Kesimpulannya adalah kawula muda jangan terpengaruh gaya hidup karena tidak akan habisnya. Hal yang harus kita lakukan sebagai kawula muda adalah bagaiamana mempersiapkan seluruh mimpi yang telah kita rencanka sejak jauh hari mampu direalisasikan dengan baik. Segala sesuatu dimulai dari diri kita, jadi kaula muda memilih investasi atau hanya memilih mememnuhi haya hidup hanya untuk kesenangan semata? 

Pikirankan dengan baik! we are young we are smart