Heboh Daur Ulang Minyak Jelantah Jadi Biodiesel, Ini Manfaat Lainnya untuk Peluang Usaha Kamu

Manfaat Minyak Jelantah untuk Peluang Cuan Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Manfaat Minyak Jelantah untuk Peluang Cuan Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Beberapa waktu kemarin, sempat ramai lho seorang pria asal Tarakan Timur yang berhasil mengolah minyak jelantah menjadi biodiesel! Selain mengurangi limbah, minyak jelantah rupanya juga punya manfaat lainnya yang bisa jadi peluang usaha kamu lho!

Pria bernama Sardji Sarwan mendadak trending pekan lalu karena telah berhasil mengolah minyak jelantah jadi biodiesel! Padahal, seperti yang kita tahu, minyak jelantah merupakan salah satu limbah rumah tangga yang berasal dari pemakaian minyak goreng atau minyak lainnya untuk memasak.

Enggak hanya itu, Sardji bahkan mampu menjadikan hasil olahannya itu sebagai ladang cuan dengan menjualnya lewat Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Tarakan Timur lho, Be-emers. Wah, lumayan kan buat jadi peluang usaha kamu?

 

Manfaat Minyak Jelantah untuk Peluang Cuan Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Manfaat Minyak Jelantah untuk Peluang Cuan Illustration Web Bisnis Muda - Canva

 

Biodiesel Sebagai Alternatif Energi

Namun, sebenarnya minyak jelantah memang bisa jadi sebuah potensi energi yang menjanjikan nih. Dilansir dari siaran pers Kementerian ESDM, fatty acid methyl ester (FAME) atau biodiesel merupakan sumber energi alternatif pengganti bahan bakar fosil.

Nah, sebenarnya apa yang dilakukan Sardji itu bukan hal yang pertama kali kok. Sejak 2018, Kementerian ESDM mencatat, biodiesel berbahan baku minyak kelapa sawit telah dijadikan mandatori oleh Pemerintah dan saat ini implementasinya yang sudah mencapai B30, dengan campuran FAME 30 persen dan solar 70 persen.

Baca Juga: Kurangi Limbah Wadah Plastik, Sederet Perusahaan Ini Terapkan Sistem Refill dan Reusable

Kementerian ESDM juga menyebutkan kalau FAME atau biodiesel bisa dihasilkan dari minyak hewani, minyak nabati, dan minyak goreng bekas.

Sementara itu, penggunaan minyak jelantah untuk bahan baku biodiesel punya dampak yang cukup signifikan lho. Ternyata, 1,6 miliar liter minyak jelantah mampu mencukupi 32 persen produksi biodiesel nasional lho, Be-emers!

Biodiesel dari minyak jelantah juga bisa mengurangi emisi CO2 (karbondioksida) hingga sebanyak 91,7 persen, dibanding penggunaan bahan baku solar. Melihat dari potensinya, minyak goreng bekas atau minyak jelantah juga jadi salah satu opsi bisnis menjanjikan di masa depan.

Penasaran manfaat lain dari minyak jelantah yang bisa jadi peluang cuan kamu?

Yuk, ke halaman selanjutnya!