Bingung Mau Pilih Investasi di Bitcoin atau Ethereum? Ini yang Perlu Kamu Perhatikan

Pilih Bitcoin atau Ethereum Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Pilih Bitcoin atau Ethereum Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Bitcoin dan Ethereum, berhasil jadi yang paling unggul di antara deretan aset kripto lainnya. Nah, tapi sebaiknya pilih Bitcoin atau Ethereum untuk investasi ya?

Dilihat dari kapitalisasi pasarnya, Bitcoin dan Ethereum berhasil memimpin dengan berada di urutan pertama dan kedua. Dilansir dari Goldprice.org, hingga perdagangan 6 Mei 2021, kapitalisasi pasar Bitcoin sudah mencapai sekitar Rp14.879,29 triliun.

Dengan begitu, Bitcoin menjadi aset kripto terbesar saat ini. Sedangkan untuk Ethereum (ETH), kapitalisasi pasarnya sudah mencapai Rp5.676,47 triliun dan berada di urutan kedua sebagai aset kripto dengan market cap terbesar.

Makanya, sangat wajar dan masuk akal kalau kebanyakan orang melirik Bitcoin dan Ethereum untuk memulai investasi di aset kripto. Bloomberg menyebutkan, keduanya bakal menjadi investasi yang relatif baik sejauh ini pada tahun 2021.

Buktinya, Bitcoin telah meningkat sekitar dua kali lipat. Sementara itu, aset Ethereum bahkan naik empat kali lipat.


Nah, jadi apa yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan akan menyimpan uang kamu di Bitcoin atau Ethereum?

Baca Juga: Ingin Jual Beli kripto? Ini Platform Exchange Kripto yang Terdaftar di Bappebti
 

Pertimbangan Memilih Ethereum

Buat kamu yang belum tahu, Ethereum merupakan token yang digunakan pada blockchain yang paling di dunia lho!

Dilansir Bloomberg, menariknya, Ethereum juga digunakan oleh orang-orang di Microsoft Corp. untuk penawaran blockchainnya nih, Be-emers. Bahkan, kehadiran Ethereum (ETH) juga telah mendukung pertumbuhan eksplosif dalam token yang tidak dapat dipertukarkan, seperti karya seni digital misalnya.

Menurut CEO Oasis Pro Markets Pat LaVecchia, Ether berfungsi seperti toko Apple atau toko aplikasi Android. Sementara Bitcoin, layaknya komoditas seperti emas atau penyimpan nilai lainnya.

Namun, enggak kayak Bitcoin, platform Ethereum dinilai lebih berkembang. Diketahui, saat ini ETH sedang melalui peningkatan, yang seharusnya meningkatkan jaringan.

Nah, hal itu dinilai bisa meningkatkan harga dengan menawarkan daya tarik yang lebih besar. Sementara pada saat yang sama, juga menempatkan lebih banyak batasan pada berapa banyak Ether yang tersedia.

Direktur Riset Grayscale Investments Phil Bonello berpendapat, investor cenderung sering melihat Ethereum sebagai investasi dengan tipe pertumbuhan. Bahkan, para investor kadang menganggap Ether sebagai cara untuk mendapatkan eksposur indeks ke semua pengembangan yang terjadi di Ethereum!
 

Pertimbangan Memilih Bitcoin

Meski jadi yang paling unggul dari segi kapitalisasi pasar, sebenarnya sejumlah dominasi yang dilakukan Bitcoin telah menyusut nih.

Diketahui dari data Bloomberg, Bitcoin sekarang menyumbang sekitar 46 persen dari total nilai pasar kripto. Nah, hal itu ternyata telah turun dari sekitar 70 persen pada awal tahun 2021.

Namun, tetap saja Bitcoin masih jadi koin tunggal terbesar sejauh ini, Be-emers. Dari segi kapitalisasi pasar saja, Bitcoin sudah lebih unggul dengan lebih dari US$1 triliun dibanding Ethereum yang masih berkisar US$400 miliar.

Di satu sisi, hal itu masih jadi opsi menarik bagi perusahaan besar untuk bermain di Bitcoin. Seperti yang kita ketahui, Tesla Inc. dan MicroStrategy Inc. telah jadi pembeli Bitcoin, bukan Ethereum.

Bahkan, saat tokoh dunia seperti Paul Tudor Jones atau Ray Dalio berbicara tentang aset kripto, mereka lebih cenderung berbicara tentang Bitcoin.

Enggak cuma dari kapitalisasi pasar dan popularitasnya di antara tokoh serta perusahaan dunia, eksistensi Bitcoin juga tercermin dalam volatilitasnya lho. Aset sebesar Bitcoin juga tetap bisa goyah menghadapi pasar kok.

Baik Bitcoin maupun Ethereum, menurut Cornerstone Macro strategist, juga punya kemungkinan besar akan berkinerja dalam penurunan lho. Meski begitu, Dengan penurunan sekitar 20 persen di Bloomberg Galaxy Crypto Index, ada risiko penurunan yang lebih besar pada Ether dibanding rekan-rekannya di aset kripto.

Nah, jadi kamu kira-kira bakal cenderung memilih investasi Bitcoin atau Ethereum nih, Be-emers?


Nonton Juga Yuk Video soal Cryptocurrency berikut ini
 

Jangan lupa like, comment, subscribe, dan share ke teman-teman kamu ya!