Penjualan Kapal Mewah Superyacht Meningkat, Efek Rencana Jeff Bezos?

Jeff Bezos Bangun Kapal Pesiar, Penjualan Superyacht Meningkat Illustration Web Bisnis Muda - Pinterest

Jeff Bezos Bangun Kapal Pesiar, Penjualan Superyacht Meningkat Illustration Web Bisnis Muda - Pinterest

Like
Meski pandemi, ternyata penjualan kapal mewah seperti Superyacht dikabarkan meningkat lho. Di satu sisi, miliarder Jeff Bezos juga diketahui lagi membangun Superyacht miliknya nih.

Proyek Superyacht Bezos yang dikenal dengan Y721 tersebut kini sedang dalam tahap pembangunan yang dikerjakan oleh Oceano, pembuat kapal Belanda.

Superyacht dengan panjang mencapai 127 meter tersebut nantinya mencakup beberapa dek dan memiliki tiga tiang besar. Bahkan, kabarnya, Superyacht Jeff Bezos juga bakal dilengkapi sama helipad.

Kerennya nih, kapal itu bakal jadi satu kapal pesiar layar terbesar yang pernah dibangun di Belanda lho, Be-emers! Kapal milik orang terkaya di planet Bumi ini pun nantinya, dikabarkan Bloomberg, bakal dipindahkan ke galangan kapal baru untuk diselesaikan bulan depan.

Baca Juga: Selain Jual US$2,5 Miliar Saham Amazon, Jeff Bezos Berencana Bangun Yacht Mewah
 

Indikasi Kekayaan yang Terkumpul Lebih Cepat di Tengah Pandemi

Superyacht Bezos, yang kemungkinan akan menelan biaya hingga US$ 500 juta itu merupakan koleksi terbarunya.

Di sisi lain, Bloomberg menyebutkan kalau hal ini merupakan indikasi dari besarnya kekayaan yang terkumpul lebih cepat, sejak dunia dilanda pandemi Covid-19. Enggak hanya itu, hal tersebut juga jadi bukti dari industri yang sangat tertutup seperti pembuatan kapal mewah, justru telah berkembang pesat.

Sementara itu, ternyata bukan cuma Bezos yang lagi bikin kapal mewah, Steven Spielberg pun diketahui punya kapal pesiar baru yang sedang dipesan lho!

Kalau menurut sumber yang anonim dari pihak Spielberg, kapal pesiar milik sutradara kondang itu saat ini terdaftar untuk dijual seharga 131 juta euro atau sekitar US$158 juta!

 

Penjualan Superyacht Meningkat Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Penjualan Superyacht Meningkat Illustration Web Bisnis Muda - Canva

 

Pasar Superyacht Diminati, Penjualan Meningkat

Kapal mewah atau yacht memang identik banget sama kehidupan orang kaya. Apalagi, kini orang paling kaya di dunia sedang menanti-nanti kapal Superyacht miliknya selesai dibangun.

Melihat fenomena tersebut, dilansir Bloomberg, kepala penelitian Superyacht di VesselsValue bernama Sam Tucker menilai kalau pasar memang sedang menderu.

Hal itu terlihat dari jumlah transaksi dalam beberapa kuartal terakhir yang berhasil pecah rekor lho, Be-emers. Bahkan, permintaan untuk yacht kelas atas telah melampaui pasokan.

Bukan hanya di Belanda, Jerman juga jadi rumah bagi beberapa produsen kapal mewah nih. Diketahui, secara total, da sekitar 50 kapal dengan panjang lebih dari 100 meter yang saat ini sedang dibangun di sana lho.

Makanya, pandemi Covid-19 dinilai bukan jadi penghalang meningkatnya industri kapal pesiar atau yacht. Justru, dengan banyaknya tempat wisata yang ditutup serta terbatasnya akses untuk liburan, berlayar dengan kapal pesiar pribadi tampak sebagai pilihan terbaik untuk bersantai, terutama buat orang-orang kaya.

Berdasarkan data VesselsValue yang dikutip Bloomberg, penjualan Superyacht di kuartal pertama 2021 meningkat cukup signifikan dari periode yang sama di tahun sebelumnya lho

Penjualan kapal Superyacht di kuartal I/2021 mencapai 219 unit, yang mana jadi perolehan paling tinggi sejak 2017! Sedangkan pada periode yang sama di tahun 2020, penjualan Superyacht hanya mencapai 106 unit.

Rupanya, menurut CEO Winch Design Aino Grapin, pandemi memberi nilai baru pada kapal pesiar penjelajah. Beberapa di antaranya bahkan mampu berlayar sejauh 9.000 mil laut tanpa perlu mengisi bahan bakar.

Dengan begitu, para pemilik kapal pesiar kayak Superyacht bisa menikmati hidup di laut dalam jangka waktu yang lama tanpa harus berinteraksi dengan orang lain. Apalagi, orang-orang sangat kaya seperti Jeff Bezos, menyadari bahwa mereka sebenarnya enggak benar-benar kehilangan uang karena pandemi.

Kalau kamu jadi orang paling tajir di dunia, kamu bakal beli atau bangun kapal Superyacht juga enggak nih, Be-emers?

Baca Juga: Tahun Terakhir Kepemimpinan Jeff Bezos, Kinerja Amazon Meroket di Kuartal Pertama 2021!


Buat kamu yang punya cerita, opini, atau artikel menarik lainnya, yuk daftar dan share tulisan kamu di Bisnis Muda sekarang!