XBox Series X VS PlayStation 5, Mana yang Paling Unggul di Dunia Game Console?

XBox VS PlayStation Illustration Bisnis Muda - Canva

XBox VS PlayStation Illustration Bisnis Muda - Canva

Like

Meski ada banyak banget pilihan mobile game, bermain game console kayak di PlayStation maupun XBox tentunya punya sensasi tersendiri nih, Be-emers. Di antara keduanya, mana ya yang kira-kira paling unggul di dunia game console?

Di tahun 2020, pihak Microsoft dan Sony sama-sama merilis seri terbaru dari produk game console mereka, yakni XBox Series X dan PlayStation 5.

Kedua seri terbaru dari game console tersebut menyita perhatian publik. Apalagi, sejak tahun 2020, orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Nintendo Bikin Kecewa Para Fans, Kenapa Ya?
 

XBox dan PlayStation Masih “Langka”

Di satu sisi, dilansir Engadget.com, setelah enam bulan peluncuran XBox Series X dan PlayStation 5, ternyata banyak orang masih kesulitan melacak dan membeli konsol generasi terbaru ini lho.

Memang, sudah ada jutaan konsol XBox Series X dan PlayStation 5 yang dibeli dan masuk ke rumah-rumah di seluruh dunia. Namun, data tersebut menunjukkan, ada kekurangan suku cadang dan komplikasi lain yang berasal dari pandemi global, yang telah membuat pasokan tetap rendah.


Alhasil, Microsoft dan Sony kini memiliki waktu setengah tahun untuk memamerkan game console mereka. Kedua perusahaan teknologi tersebut pun terlibat dalam dua strategi yang sangat berbeda.

Jika diingat, PS5 dan Xbox Series X diluncurkan dengan janji-janji seperti lebih cepat dan lebih kuat dari generasi sebelumnya. Kedua game console tersebut juga memiliki standar baru untuk permainan.

Selain itu, baik XBox Series X dan PlayStation 5, juga sudah 4k dan visual yang mengesankan. Animasi yang ditampilkan juga halus serta jauh lebih cepat.

Baca Juga: Sempat Tertunda, Sony Akhirnya Resmi Perkenalkan PlayStation 5

 

PlayStation 5 dengan Strategi Familiar Sony

Engadget.com menyebutkan, PS5 punya lebih banyak kesempatan unjuk gigi dalam enam bulan terakhir lho. Hal itu didukung dengan sikap Sony yang menjalankan strategi familiar dengan konsol barunya itu.

 

XBox VS PlayStation Illustration Bisnis Muda - Canva

PlayStation 5 Illustration Bisnis Muda - Canva


Sony mengikuti siklus peningkatan secara tradisional dan membangun library atau daftar permainan eksklusif. Misalnya, sejauh ini, PS5 telah menerima pembuatan ulang Demon's Souls, judul pertarungan mobil Destruction AllStars.

Game tersebut hanya tersedia di PS5. Hal itu pun akhirnya bisa menambah nilai pada konsol baru Sony.

Sementara itu, dari sisi DualSense, gamepad baru Sony tetap mengesankan setelah enam bulan digunakan hampir setiap hari lho!
 

XBox Series X Memang Premium, Tapi Harus Struggle

Ketika diluncurkan, XBox Series X diklaim sebagai premium konsol rumahan yang memanfaatkan tolok ukur baru untuk kekuatan dan kinerjanya. Sayangnya, ternyata konsol baru ini kekurangan jajaran game eksklusif nih, Be-emers.

Bahkan, Microsoft harus menunda game seperti Halo: Infinite, karena tidak memenuhi standar generasi berikutnya. Sejauh ini, The Medium adalah satu-satunya game eksklusif di Xbox Series X, meskipun juga tersedia di PC.

Seperti kebanyakan perusahaan lain, Microsoft jelas berjuang untuk mengatur rencananya yang lebih luas melawan pandemi. Makanya, enggak cuma berimbas ke game eksklusif, tekanan yang dialami XBox Series X juga terjadi pada produksi suku cadang untuk sistem itu sendiri.

 

XBox Illustration Bisnis Muda - Canva

XBox Illustration Bisnis Muda - Canva


Meski begitu, XBox Series X memenuhi janjinya akan kecepatan refresh variabel dan dukungan yang lebih luas untuk gaming pada 120fps lho! Hal itu menjadi keunggulan XBox, karena kamu enggak bisa menemukannya di PlayStation 5.

Selain itu, XBox Series X dan PlayStation 5 memang sama-sama mendukung game dari SSD eksternal. Sayangnya, di PS5, sejumlah pengguna kerap mengeluh karena enggak bisa memainkannya dengan SSD eksternal dan terpaksa menghapus unduhan untuk memberi ruang bagi game baru.

Adapun, XBox juga punya Xbox Game Pass Ultimate, yakni layanan langganan yang menawarkan akses ke library dengan isi lebih dari 150 game. Ratusan permainan XBox tersebut juga bisa kalian mainkan di PC dengan biaya kurang lebih US$15 per bulannya.

Jadi, kamu tim XBox Series X atau PlayStation 5 nih, Be-emers?