Gimana Sih Cara Beli Saham IPO?

Like

  • Pahami Saham

Hal yang sangat fundamental untuk kamu lakukan adalah mempelajari dan memahami apa itu saham dan bagaimana mekanisme berjalannya. Kalau kamu melewatkan hal ini, kamu akan bingung dan tidak tahu langkah apa yang harus dilakukan dalam bermain saham.
 
  • Pilih Perusahaan

Kamu harus menentukan perusahaan sekuritas yang akan membantumu menjadi perantara saat bermain saham. Perusahaan sekuritas tersebut akan menjadi perantara agar kamu bisa melakukan jual beli saham dan membantu pembukaan rekening saham di BEI. Itulah mengapa kamu perlu menentukan dan memastikan perusahaan mana yang kamu percayai.
 
  • Pilih Saham

Jangan lupa untuk memilih saham yang paling menguntungkan sebelum kamu membeli saham, ya! Kamu juga disarankan membeli saham yang memiliki risiko rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi perusahaannya, grafik harga sahamnya, dan kamu juga bisa meminta masukan dari perusahaan sekuritas yang kamu percayai tadi.
 
  • Beli Saham

Lalu, ketika kamu sudah mantap menentukan saham mana yang akan dibeli, kamu bisa mulai membelinya. Kamu bisa membeli melalui broker atau bisa juga membelinya sendiri melalui aplikasi trading saham online.

Biasanya, perusahaan sekuritas yang memiliki reputasi baik dan dipercaya sudah memiliki sistem trading sendiri yang bisa kamu upload dan pasang di smartphone kamu. Aplikasi tersebut juga mencakup berbagai informasi, mulai dari pergerakan saham dari perusahaan peserta, dan lain sebagainya.
 
  • Pantau Pasar

Cara terakhir adalah pantau pasar saham. Umumnya, kondisi ekonomi, politik, serta berbagai faktor lain mempengaruhi perdagangan saham. Nah, maka dari itu, memantau kondisi pasar saham merupakan hal yang krusial.

Selain itu, naik turunnya harga saham juga harus selalu kamu cermati, agar kamu bisa mendapatkan keuntungan maksimal dari investasi saham, mengetahui kapan harus membeli atau menjual saham.


Gimana Be-emers, sudah paham cara membeli saham IPO? Selamat mencoba bermain saham, ya!