4 Keperluan Yang Perlu Dipangkas Untuk Menghemat Pengeluaran Selama COVID-19

Sumber gambar: Pixabay

Sumber gambar: Pixabay

Like

Belakangan, banyak orang mencari informasi terkait cara menghemat pengeluaran untuk membatu melewati masa krisis ekonomi. Mengingat hal ini, beberapa cara efektif untuk menghemat pengeluaran adalah dengan melakukan pemangkasan.

Keadaan yang memaksa banyak orang untuk bekerja di rumah, membuatnya meniadakan beberapa aktifitas di luar rumah. Jika sebelumnya orang menggunakan transportasi untuk bekerja, maka sekarang frekuensi pemakaian kendaraan berkurang. Keuntungannya tidak lagi mengeluarkan biaya untuk membeli bensin atau tiket perjalanan. Selain itu, sekarang telah banyak orang-orang mengalihkan acara makannya untuk tetap di rumah.

Sayangnya, meski anggaran transportasi dan makan telah berkurang, biaya hidup masih tetap tinggi. Oleh karena itu, manfaatkan sebagian kesempatan yang telah didapat sebagai peluang untuk memangkas pengeluaran. Berikut adalah empat keperluan yang dapat dipangkas selama COVID-19 untuk menghemat pengeluaran.


1. Turunkan Asuransi

Sebagian orang yang memiliki asuransi, tinjaulah semua asuransi polis yang dimiliki. Baik rumah, properti, atau kehidupan. Pahami apa yang harus anda bayarkan. Kesempatan untuk menurunkan asuransi di masa pandemi, sangat terlihat pada asuransi mobil, cobalah untuk menurunkan asuransinya.

Salah satu faktor untuk menghitung biaya asuransi mobil adalah jumlah mil pemakaian mobil yang dikendarai. Karena banyak dari orang bekerja dari rumah, maka kesempatan mengemudi lebih sedikit. segera laporkan jarak tempuh terendah dan mintalah penurunan pembayaran untuk asuransi mobil.


2. Tinjau Penggunaan Telepon

Jika banyak orang menghabiskan waktu dari rumah, maka masihkah memerlukan paket data yang besar. Mungkin sebagian orang masih membutuhkan konsumsi paket data.


Untuk mengurangi biaya berlebih pada penggunaan paket data, coba pilihlah paket data yang lebih murah yang ditawarkan oleh operator dan bandingkan dengan penawaran dari operator lain.

Bagi pelajar, manfaatkan juga fasilitas gratis yang telah disediakan oleh beberapa operator untuk membantu kemudahan pembelajaran di rumah.


3. Rancang Menu Makanan

Selain kebutuhan transportasi dan elektronik, makanan menjadi salah satu pengeluaran terbesar bagi kebutuhan.

Kesempatan bagusnya selama masa pandemi, orang tidak lagi mengeluarkan uang berlebih untuk makan di luar. Tetapi, jika kebiasaan orang masih sering memesan makanan melalui online, coba untuk dikurangi dan kreatiflah untuk memasak sendiri di rumah.

Biaya pengiriman selama masa pandemi sangat cepat naik, selain itu harga makanan juga akan jauh lebih mahal. Akan lebih hemat jika berkreasi sendiri di rumah dan menyimpannya dalam jumlah banyak.

Sebelum membeli bahan makanan, buatlah catatan rencana menu makanan yang akan dimasak selama satu minggu dan cantumkan beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya. Saat merancangnya perhatikan juga biayanya.

Hindari pembelian yang tiba-tiba, cukup patuhi daftar rencana yang dibuat sebelumnya. Jika memungkinkan, cobalah membuat rencana menu makanan yang sederhana pada masa pandemi, agar anggaran menjadi lebih hemat.


4. Tinjau Langganan

Cara mudah untuk memangkas keperluan yang berlebih, salah satunya adalah dengan memutus layanan berlangganan per-bulan. Sumber hiburan yang dulunya banyak ditemui (seperti pergi ke konser, bioskop, teater), sekarang beralih hanya pada televisi dan beberapa aplikasi penyedia video gratis.

Hal tersebut menjadikan orang rela untuk membayar dan berlangganan pada beberapa layanan streaming, namun saat masa pandemi akan lebih untung jika mematikan beberapa langganan yang tidak terlalu diperlukan.

Tidak jarang langganan yang dibeli berlipat sekaligus, seperti Youtube Premium, Google Play Music, Spotify, iTtunes, Netflix dan lain sebagainya. Pertanyaannya
“Apakah orang tersebut menggunakannya sekaligus?Adakah satu layanan yang mungkin tidak digunakan belakangan ini?”
Pertimbangan itulah yang harus digunakan oleh orang-orang untuk mengambil keputusan berlangganan. Jika langganan telah dibeli untuk tiga platform streaming video , maka hapus dua platform yang tidak sering digunakan dan pertahankan sisanya. Atau beralihlah pada platform penyedia video gratis, yang tidak mengharuskan membayar namun hanya menonton beberapa iklan sebelum dan selama pemutaran.

Sekarang setelah mengetahui beberapa keperluan yang dapat dipangkas selama masa pandemi, cobalah untuk menerapkannya agar pengeluaran terhemat. Karena ini akan membantu meringankan kesulitan atas tantangan krisis ekonomi global sepanjang tahun ini.

Salam Aman dan Bahagia.