Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Beli Kendaraan untuk Pertama Kali?

Pertimbangan Sebelum Beli Kendaraan Pribadi Illustration Bisnis Muda - Canva

Pertimbangan Sebelum Beli Kendaraan Pribadi Illustration Bisnis Muda - Canva

Like

Beli kendaraan memang jadi salah satu jalan untuk memudahkan kamu bepergian. Namun, ada sejumlah hal lho yang perlu banget kamu perhatikan sebelum membeli kendaraan.

Meski kendaraan umum bisa membantu mengurangi kemacetan, nyatanya jumlah kendaraan pribadi di Indonesia terus bertambah.

Sejauh ini sih, Badan Pusat Statistik (BPS) memang belum merilis data jumlah kendaraan bermotor di tahun 2019-2020.

Namun, berdasarkan data BPS, di tahun 2018 jumlah mobil penumpang di Indonesia tercatat sebanyak 14,8 juta unit dan sepeda motor yakni 106,65 juta unit!

 

Pertimbangan sebelum Beli Kendaraan Pribadi Illustration Bisnis Muda - Canva

Pertimbangan sebelum Beli Kendaraan Pribadi Illustration Bisnis Muda - Canva


Soalnya, enggak bisa dipungkiri sih, kendaraan pribadi memang punya kelebihan tersendiri dibanding kendaraan umum. Sejumlah kelebihan dari kendaraan pribadi antara lain:
  • Bisa digunakan kapanpun dan menyesuaikan jadwal
  • Lebih fleksibel
  • Minim risiko kejahatan saat di jalan
  • Lebih nyaman


Padahal, kendaraan pribadi juga sejumlah kekurangan nih. Misalnya kayak butuh perawatan, kurang efisien karena menambah kemacetan dan volume kendaraan, hingga adanya biaya asuransi serta pajak.

Baca Juga: Seberapa Boros Pakai Mobil di Kota Besar? Ini Biaya yang Harus Kamu Pertimbangkan

 

Pertimbangan sebelum Beli Kendaraan Pribadi Illustration Bisnis Muda - Canva

Pertimbangan sebelum Beli Kendaraan Pribadi Illustration Bisnis Muda - Canva

 

Hal yang Dilakukan Sebelum Punya Kendaraan Pribadi

Namun, buat kamu yang memang berniat untuk punya kendaraan pribadi, kamu enggak bisa asal sembarangan beli lho, Be-emers.

Apalagi buat kamu yang baru pertama kali ingin beli kendaraan. Kamu tentunya wajib banget memperhatikan sejumlah hal sebagai pertimbangan.

Sebelum pergi ke dealer, ada baiknya kamu persiapkan sejumlah hal seperti:
  1. Budget
    Kamu bisa menyesuaikan kendaraan yang ingin kamu pilih berdasarkan budget atau anggaran. Kamu pun bisa pilih skema pembayaran yang ditempuh, yakni bisa tunai atau kredit.

    Selain itu, pertimbangkan juga faktor pajaknya nih, Be-emers. Soalnya, setiap tipe kendaraan itu punya tarif pajak yang berbeda lho!
     
  2. Riset Brand dan Tipe Kendaraan
    Selanjutnya, kamu bisa mulai riset untuk menentukan brand hingga tipe mobil apa yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya, kamu memilih mobil dengan row dua atau tiga, sesuai kebutuhan beserta kelebihan fitur yang ditawarkan.

    Selain itu, perhatikan juga Build Quality dari brand dan tipe kendaraan tersebut. Kamu juga bisa lho, menonton atau membaca ulasan yang ada di internet terkait kendaraan yang mau kamu beli.
     
  3. Cari Dealer yang Oke
    Bukan cuma kendaraannya saja, dealer yang oke dan terpercaya juga jadi faktor penting yang harus kamu perhatikan sebelum beli kendaraan.

    Enggak hanya buat bandingin harga, kamu juga wajib cari tahu apakah dealer tersebut punya surat kelengkapan kendaraan yang resmi atau tidak.

    Soalnya, enggak sedikit yang kena penipuan dealer mobil lho, Be-emers. Jadi, kamu wajib waspada yaa.


Terakhir, kamu juga harus persiapkan diri dengan punya Surat Izin Mengemudi (SIM) terlebih dahulu ya. Soalnya, untuk apa beli kendaraan pribadi aklau kamu enggak bisa menyetir?

Tertarik buat beli kendaraan pribadi atau mending naik kendaraan umum aja nih, Be-emers?



Buat kamu yang punya cerita atau ingin berbagi pengalaman seputar investasi, bisnis, keuangan, hingga lifestyle, share tulisan kamu sekarang yuk di Bisnis Muda!