Berita Duka, John McAfee Meninggal Dunia di Dalam Selnya

John McAfee Illustration Web Bisnis Muda - Google Images

John McAfee Illustration Web Bisnis Muda - Google Images

Like

Be-emers, pasti kamu nggak asing kan dengan nama McAfee? Berita duka datang dari pendiri perangkat lunak antivirus, John McAfee yang meninggal dunia di dalam selnya yang berlokasi di penjara Barcelona.

John McAfee ditemukan meninggal dunia akibat bunuh diri. Diperkirakan peristiwa tersebut terjadi beberapa jam setelah pengadilan Spanyol memutuskan untuk mengekstradisi  McAfee ke Amerika Serikat untuk menghadapi tuntutan penggelapan pajak.

Setelah ditemukan, Departemen Kehakiman Catalan mengatakan bahwa petugas medis sempat mencoba menyadarkan McAfee, namun sayangnya upaya tersebut tidak berhasil. Semua bukti yang ditemukan mengarah ke fakta bahwa McAfee memutuskan untuk mengambil nyawanya sendiri.

John McAfee dikenal sebagai seorang tokoh yang kontroversial di dunia teknologi. Perusahaannya merilis perangkat lunak antivirus komersial pertama.

McAfee VirusScan membantu memicu industri multi-miliar dolar di dunia komputer lho, Be-emers. Pada akhirnya, perusahaan tersebut dijual ke raksasa teknologi, Intel, seharga lebih dari US$7,6 miliar atau setara dengan Rp 109,88 triliun.
 

Kesalahan apa yang dibuat McAfee hingga masuk penjara?

Pada Oktober tahun 2020, John McAfee ditangkap di Spanyol ketika dia hendak naik ke pesawat menuju Turki. Ia mendapatkan tuduhan bahwa ia gagal mengajukan pengembalian pajak selama 4 tahun. Padahal ia menghasilkan jutaan lho dari pekerjaannya sebagai konsultan, investasi mata uang kripto, dan penjualan hak.


Menurut penuturan dari Departemen Kehakiman Amerika Serikat, McAfee menghindari kewajiban pajaknya dengan meminta pendapatannya dibayarkan ke rekening bank dan rekening pertukaran mata uang kripto atas nama calon pembeli.

McAfee juga dituduh menyembunyikan beberapa aset, mulai dari kapal pesiar dan properti real estate, yang didaftarkan atas nama orang lain. Proses ekstradisi McAfee ke Amerika Serikat disahkan oleh Pengadilan Nasional Spanyol pada 23 Juni 2021 kemarin.

Dalam beberapa tahun terakhir, McAfee beberapa kali mengklaim soal rencana penangkapan dirinya, namun, pengadilan menyangkal tuduhan bahwa McAfee dituntut karena alasan politik maupun ideologis.

Baca Juga: Benarkah Orang-Orang Terkaya di Amerika Menghindari Pajak Penghasilan?