Imbas PPKM Mikro, Pengguna DANA Naik 309 Persen!

DANA App Illustration Web Bisnis Muda - Qoala

DANA App Illustration Web Bisnis Muda - Qoala

Like

Sejak awal tahun 2021, platform keuangan digital DANA mengalami peningkatan pesat dalam transaksi dan jumlah pengguna aktif bulanan (Monthly Active User/MAU) dari fitur QRIS Payment-nya, lho!

Periode tersebut juga merupakan waktu diberlakukannya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Mikro untuk menekan penularan virus Covid-19. Dalam aturan tersebut, masyarakat diharapkan mengurangi kontak langsung saat beraktivitas, termasuk juga saat melakukan transaksi pembayaran.

Rangga Wiseno, Senior VP of Product DANA mengatakan bahwa fitur QRIS Payment menjadi salah satu dari lima fitur yang paling diminati oleh pengguna aplikasi DANA. MAU QRIS Payment DANA meningkat hingga 300 persen dibandingkan Desember 2020!

Tepatnya, transaksi menggunakan QRIS Payment meningkat sebesar 131 persen. Sedangkan MAU meningkat sebesar 309 persen. Peningkatan yang fantastis, bukan?

Fitur lain yang juga mengalami peningkatan jumlah transaksi dan MAU yang signifikan adalah fitur Send Money, pembelian pulsa prabayar, pembayaran Online Commerce, dan fitur Biller untuk pembayaran tagihan.


Pada fitur Send Money, transaksi meningkat 99 persen dan MAU meningkat 91 persen. Sementara itu, transaksi pembelian pulsa seluler prabayar meningkat 174 persen dan MAU meningkat 200 persen.

Dalam semester pertama 2021 ini, kelima fitur yang disebutkan di atas menjadi kontributor utama terhadap pertumbuhan DANA. Selain itu, pertumbuhan DANA juga didorong oleh fitur konversi poin dari TikTok, Snack Video, dan Helo ke saldo DANA.

Dana akan terus melakukan pengembangan produknya dengan mengedepankan tiga pilar inovasi, yaitu trusted, friendly, dan accessible.

Platform keuangan digital ini akan terus dikembangkan berdasarkan kepuasan pelanggan juga akan terus diperbarui guna mempercepat adopsi transaksi nontunai digital di kalangan masyarakat.

Salah satu cara yang diadopsi oleh DANA adalah dengan memungkinkan personalisasi profil pengguna yang semakin canggih dengan bantuan Artificial Intelligence serta proses integrasi tanpa cela bagi pengguna maupun mitra..

Sementara itu, DANA mencatatkan pertumbuhan jumlah pengguna yang cukup pesat selama pandemi Covid-19. Tercatat pada 2019, jumlah pengguna Dana hanya 30 juta pengguna, jumlah tersebut meningkat 133 persen dalam 17 bulan atau hingga Mei 2021, menjadi 70 juta pengguna.

Jumlah rata-rata transaksi harian juga mengalami peningkatan, dengan peningkatan paling tajam terjadi pada Mei 2021. Saat itu tercatat transaksi di Dana meningkat 164 persen dibandingkan dengan Mei 2020.

Baca Juga: Akusisi Fintech dan Perusahaan Sektor Keuangan Makin Ramai