Instagram Reels, Akankah Jadi The Next TikTok?

Instagram Reels Illustration Web Bisnis Muda - Zen Media

Instagram Reels Illustration Web Bisnis Muda - Zen Media

Like

Ada yang baru dari Instagram nih, Be-emers! Beberapa waktu yang lalu, Instagram baru saja meluncurkan fitur terbarunya yaitu Instagram Reels.

Mungkin, biasanya kamu menggunakan Instagram untuk mem-posting foto dan juga video di feeds maupun di story. Nah, dengan adanya Reels, kamu bisa berkreasi lebih jauh lagi dalam membagikan momenmu melalui video.

Menurut beberapa orang, fitur ini mirip dengan aplikasi yang saat ini juga menjadi favorit pengguna media sosial, yaitu TikTok.
 

Gimana sih cara kerjanya?

Melalui fitur Reels, kamu bisa membuat video singkat selama 15 detik. Berbeda dengan Story, kamu bisa menambahkan audio, efek, dan tools kreatif lainnya pada video yang kamu unggah di Reels.

Mirip seperti TikTok yang memiliki laman For You atau yang biasa dikenal dengan FYP (For You Page), Reels juga menggunakan laman explore Instagram untuk bisa menjelajah video-video yang diunggah menggunakan Reels.
 

Apa manfaatnya?

Jika kamu menggunakan Instagram sebagai platform berbisnis, Reels bisa jadi sarana baru bagi para pemilik usaha atau kreator untuk mengembangkan ide-ide kreatifnya menjadi sebuah konten yang menjual.


Sesuai dengan tujuannya, Reels dapat digunakan untuk membuat konten singkat yang menghibur dan dikemas dengan lebih kreatif.

Apa saja fitur di dalam Reels?

Tak jauh seperti TikTok, Reels mempunyai beberapa fitur yang mendukung para pengguna untuk mengedit video mereka masing-masing, di antaranya:

Audio

Pengguna dapat menggunakan fitur ini untuk menambahkan lagu dari koleksi musik Instagram atau juga merekam audio asli, yang bisa digunakan oleh kreator lainnya jika akunmu termasuk akun publik.

Augmented Reality Effect

Terdapat beberapa efek di galeri yang dibuat oleh Instagram sendiri dan juga kreator dari seluruh dunia.

Clip Editing

Pengguna bisa menggabungkan beberapa potongan video dan menambahkan transisi untuk setiap perpindahan scene.

Pengaturan Speed

Pengguna Reels bisa mempercepat atau memperlambat video atau audio yang dipilih, lho! Selain itu, Reels dapat direkam dalam serangkaian klip (satu per satu), sekaligus, atau menggunakan upload video dari galeri.


Sama seperti TikTok, Reels juga telah menayangkan iklan berbayar lho yang diselipkan di antara video-video di explore-nya. Jumlah iklan yang tayang tergantung dengan bagaimana masing-masing orang dalam menggunakan Instagram.

Namun, pihak Instagram juga tetap memperhatikan sentimen dari pengguna terhadap iklan-iklan yang muncul.

Nah Be-emers, sudahkah kamu mencoba fitur Reels ini? Kira-kira, kamu lebih memilih fitur baru dari Instagram ini atau tetap setia pada TikTok, nih?

Baca Juga: TikTok Bebankan Hingga $2 Juta per Hari untuk Spot Iklan Teratas