Sempat Hadapi Tekanan Anti-Monopoli, Valuasi Facebook Kini Capai US$1 Triliun!

Valuasi Facebook Tembus 1 Triliun Dolar Illustration Bisnis Muda - Canva

Valuasi Facebook Tembus 1 Triliun Dolar Illustration Bisnis Muda - Canva

Like

Facebook sempat mengalami tekanan dari kasus anti-monopoli yang dialaminya beberapan waktu belakangan ini. Namun, perusahaan teknologi yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu justru baru pecah rekor dengan valuasi yang tembus US$1 triliun!

Dilansir The Verge, Facebook Inc. telah bergabung dengan jajaran perusahaan bernilai lebih dari satu triliun dolar pada penutupan pasar, Senin (28/6). Kapitalisasi pasar Facebook yang mencapai US$1,008 triliun telah menempatkannya pada rekor baru sepanjang sejarah.

Menariknya nih, dari daftar perusahaan teknologi AS yang telah melewati nilai US$ 1 triliun, Facebook adalah satu-satunya yang didirikan pada tahun 2000-an! Makanya, rekor yang diraih Facebook Inc. menjadi yang terbaru.

Baca Juga: Sempat Bersitegang dengan Apple, Gimana Prospek Bisnis Iklan Facebook?
 

Facebook Bebas dari Tekanan Anti-Monopoli

Di satu sisi, kabar pencapaian Facebook yang berhasil meraih valuasi US$1 triliun, muncul bersamaan dengan dihentikannya kasus FTC untuk membatalkan akuisisi Instagram dan WhatsApp Facebook!

Bloomberg menyebutkan, saham Facebook Inc. melonjak setelah kemenangan anti-monopoli. Hal tersebut pun membantu mendorong nilai pasarnya menjadi di atas US$ 1 triliun.


Saham Facebook langsung naik 4,2 persen pada hari Senin (28/6), menjadi US$355,64, terbesar dalam dua bulan terakhir. Lonjakan saham Facebook terjadi setelah seorang hakim mengabulkan permintaannya untuk menolak dua pengaduan yang diajukan tahun lalu oleh Komisi Perdagangan Federal AS dan jaksa agung negara bagian.

Sebenarnya, berdasarkan catatan Bloomberg, saham Facebook Inc. telah naik 30 persen tahun ini di tengah meningkatnya ketergantungan publik pada aplikasi Facebook untuk tetap terhubung selama pandemi. Facebook pun mengalami pertumbuhan pengguna yang stabil dan permintaan yang kuat untuk iklan digital.

Adapun, hampir tiga tahun setelah Apple Inc. menjadi perusahaan publik AS pertama yang mencapai angka US$ 1 triliun, sekarang ada empat perusahaan teknologi AS lainnya yang membanggakan. Di antaranya ada Microsoft Corp., Amazon.com Inc. dan induk Google Alphabet Inc., dan kini Facebook Inc.

Selamat untuk Facebook!