Segini Lho Harga Penawaran IPO Bukalapak dan Kinerjanya, Tertarik?

Harga Penawaran IPO Bukalapak Illustration Bisnis Muda - Canva

Harga Penawaran IPO Bukalapak Illustration Bisnis Muda - Canva

Like

Kehadiran startup unicorn di lantai bursa makin dekat, salah satunya yakni aksi IPO Bukalapak di 29 Juli 2021 ini. Lalu, berapa sih harga penawaran IPO Bukalapak?

Kepastian IPO Bukalapak makin jelas. Apalagi, prospektus rencana IPO Bukalapak sudah dipublikasikan nih, Be-emers.

Dikutip dari Harian Bisnis Indonesia, dalam prospektus tersebut, Bukalapak disebutkan bakal melepas saham sebanyak-banyaknya 25,76 miliar saham! Sementara itu, Bukalapak menargetkan bakal melepas 25 persen saham ke publik melalui IPO.

Baca Juga: Siap Sambut Raksasa Startup GoTo dan Bukalapak, Ini yang Dilakukan BEI

Di satu sisi, harga penawaran IPO Bukalapak diketahui berkisar dari Rp750 sampai Rp850 nih, Be-emers. Dilansir Bisnis, dengan kata lain, dari harga penawaran tersebut Bukalapak bisa meraih dana segar Rp19,32 triliun-Rp21,9 triliun lho!
 

Kinerja Bukalapak

Sebagai calon emiten, Bukalapak tentu perlu untuk membeberkan kinerjanya kepada publik. Pada Jumat (9/7), Bukalapak juga secara LIVE menyiarkan public expose dan menyampaikan kondisi kinerjanya hingga akhir 2020.


Diketahui, total nilai proses bisnis (Total Processing Value/TPV) Bukalapak di tahun 2020 yakni mencapai Rp85,08 triliun, meningkat 48,25 persen dari tahun sebelumnya. Sementara itu, total transaksi pengguna Bukalapak mencapai 16,6 juta atau naik 22 persen di tahun 2020.

Di tengah pandemi, nilai transaksi rata-rata Bukalapak juga melonjak sampai 105 persen lho di tahun 2020! Belum lagi, di periode yang sama, jumlah transaksi mitranya juga naik 125 persen.

Makanya, Bukalapak pun mampu membukukan pendapatan hingga Rp1,35 triliun di 2020, alias naik 25,5 persen nih, Be-emers. Segmen marketplace masih mendominasi sumber pendapatan Bukalapak di tahun 2020.

Namun, Bukalapak ternyata masih mencatatkan rugi Rp1,83 triliun di tahun 2020 nih. Hal itu pun sudah terjadi sejak tiga tahun belakangan.

Jadi, kamu tertarik enggak buat mengoleksi saham Bukalapak??