Belajar Investasi dari Muda dengan Mudah

INVESTASI DARI MUDA DENGAN MUDAH

INVESTASI DARI MUDA DENGAN MUDAH

Like

Hai guys...,kenalin aku fadil di blog kali ini aku akan menceritakan sedikit pengalaman ku selama pandemi covid-19 yang tengah melanda dunia.

Awal tahun 2020, tepatnya bulan Januari aku memasuki semester 2 kelas X. Saat itu, aku mempelajari saham dalam mapel ekonomi.

Di sini, saham menarik perhatianku untuk mempelajarinya lebih dalam. Syukurnya, aku memiliki orang tua yang bergelut di bidang yang sama dimana mamiku seorang guru akuntansi dan saat mulai bergelut di dunia investasi saham ini, usiaku tergolong muda loh yaitu 14 tahun karna yang muda yang cuan.

Cerita ini bermula ketika musibah yang menimpaku dimana akhir bulan Januari lalu aku harus dioperasi karna usus buntu yang kualami. Berhubung aku pulang karena proses pengobatan.

Oiya, aku lupa bilang kalau aku itu sekolah dengan sistem asrama. Jadi, enggak mudah keluar masuk dan berhubungan dengan dunia luar.


Balik lagi, aku mempelajari saham lebih dalam selama masa pengobatan dengan bertanya ke orangtua, membaca artikel, dan sejenisnya, serta melihat dari postingan Instagram atau menonton video dari beberapa channel Youtube yang membahas seputar investasi. Syukurnya, sebelum pandemi covid-19 masuk ke Indonesia, aku berkesempatan mengunjung kantor IDX yang ada di daerahku jadi aku bisa belajar dan mulai berinvestasi.

Teman-teman, kalau ngomongin masalah investasi, kita pasti menginginkan keuntungan kan?

Rata-rata, masalah bagi para pemula yaitu bingung mau berinvestasi apa dan juga belum memiliki modal untuk investasi. Mungkin juga, sudah bisa keduanya, tapi saat mau berinvestasi terhalang pengetahuan yang belum memadai karna baru terjun kedunia investasi.

Di sini, aku akan menyampaikan hal-hal yang akan membantu teman-teman seputar saham dulu ya soalnya ini masih berdasarkan pengalamanku.

Aku akan membahas saham secara mudah biar semakin cepat dipahami oleh teman-teman sekalian. Sebenarnya apa sih itu saham?

Jadi, saham adalah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan atau bukti penyertaan modal. Untuk teman-teman yang ingin memiliki saham bisa mendapatkan saham dengan cara membelinya dari perusahaan-perusahaan go-public atau perusahan yang di belakang namanya sudah bertitel "Tbk." yang tersedia di sekuritas sekuritas.

Pertanyaan berikutnya yaitu dimana sih kita bisa beli saham?

Saham itu dapat kita beli di sekuritas. Nah, sekuritas itu apa lagi? sekuritas adalah instrumen finansial yang mewakili posisi kepemilikan saham dalam suatu perusahaan publik.

Terus, status dari sekuritas sendiri itu apa? Sekuritas itu sendiri merupakan perusahaan yang sudah mengantongi ijin usaha dari OJK untuk bisa melakukan kegiatan usaha sebagai pihak perantara pedagang efek, pihak penjamin emisi efek, atau kegiatan lainnya yang sesuai dengan ketentuan dan peraturan pengawas pasar modal.

Memangnya aman berinvestasi saham? Tentu saja aman, dimana setiap sekuritas yang beroprasi di indonesia harus mengantongi izin dari OJK.

Terus OJK itu apa? OJK atau singkatan dari Otoritas Jasa Keuangan merupakan Lembaga Negara yang dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011 yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan baik di sektor perbankan, pasar modal, dan sektor jasa keuangan non- bank seperti Asuransi, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya, Ooooh....

Sampai sini, teman teman sudah paham? Terus, mekanisme pembelian sahamnya kayak gimana min?

Mekanisme pembeliannya dimulai dari kita membuat akun di sekuritas (wajib memiliki KTP jadi bagi teman teman yang belum memiliki KTP bisa mengunakan identitas orang tua ya). Kemudian, dilanjut dengan deposit terus teman-teman udah bisa memulai jual beli saham mudahkan jika teman teman terdapat kendala teman teman bisa menghubungi broker.

Broker itu apa? Broker adalah orang yang membantu teman teman selama melakukan investasi.

Mengenai peluang untung ruginya kayak mana min?

Itu kembali ke individu masing masing jika teman teman cerdas dalam menganalisis sistem pasar  itu akan memudahkan teman untuk memprediksi keuntungan atau kerugian yang akan teman teman dapatkan.

Note mimin: teman-teman, saham itu dapat teman teman miliki mulai dari harga 5k rupiah aja loh dengan harga saham perlembar 50 rupiah yang lebih dikenal dengan saham gocap.

Jika teman-teman ingin membeli saham berdasarkan peraturan di Indonesia, teman-teman minimal pembelian yaitu 1 lot atau 100 lembar. Jadi, misalnya harga per lembarnya 156 rupiah, kemudian dikalikan 100.

Namun, di beberapa negara teman-teman bisa membeli saham per lembar aja. Jadi sekarang kan udah tahu ilmunya, nah jangan lupa dipraktekkan ya teman-teman.

Terus jangan lupa untuk teman-teman sisihkan uang teman-teman untuk investasi. Investasi itu enggak selalu harus mahal loh!

Oke, teman-teman, itu dari pengalaman aku selama investasi. Selama kita bisa membaca pergerakan pasar, kita akan untung contohnya mimin sendiri sudah mendapat untung 2 kali lipat lebih dari invest selama ini.


Sekian dari mimin. Maaf jika ada kesalahan dan jangan lupa bantu vote mimin ya guys....dan jangan lupa komen untuk konten apa lagi selanjutnya oke....


#YoungCompetitionBisnisMuda #BisnisMuda #YangMudaYangCuan